Kejar Target Portofolio Kredit UMKM, BRI Fokus Salurkan KUR dan KMK

- 8 Juni 2021, 18:39 WIB
BRI berkomitmen untuk terus mengakselerasi pertumbuhan kredit mikro melalui optimalisasi transformasi digital./dok.BRI
BRI berkomitmen untuk terus mengakselerasi pertumbuhan kredit mikro melalui optimalisasi transformasi digital./dok.BRI /

GALAMEDIA - BRI berkomitmen untuk terus mengakselerasi pertumbuhan kredit mikro melalui optimalisasi transformasi digital.

Langkah itu dilakukan agar bisa meraih target portofolio kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar 85 persen dari total kredit perseroan.

Sepanjang kuartal I tahun 2021, salah satu bank Himbara ini juga berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 914,19 triliun dengan porsi kredit UMKM mencapai 80,6 persen dari total portofolio kredit BRI tersebut.

Artinya, porsi kredit UMKM BRI mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 78,31 persen.

Kredit segmen mikro menjadi penopang pertumbuhan kredit BRI di tengah kondisi ekonomi yang menantang akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat, Kota Bandung Aman bagi Wisatawan

Hingga Maret 2021, BRI mampu menyalurkan kredit mikro sebesar Rp 360 triliun, tumbuh sebesar 12,43 persen yoy. Dengan angka tersebut artinya secara porsi, kredit mikro menyumbang 40 persen dari total kredit BRI.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, DNA BRI itu sejatinya mikro yaitu tercapainya porsi kredit UMKM sebesar 80,6 persen dari total portofolio BRI.

"Kemudian dengan porsi kredit mikro sekitar 40 persen sesungguhnya merupakan hasil dari upaya kami untuk melakukan re-focusing kepada segmen UMKM," ujar Sunarso.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x