Survei IPRC: Masyarakat Jawa Barat Sangat Toleran dan Tak Mendukung Radikalisme

- 9 Juni 2021, 14:25 WIB
Acara "Toleransi dan Radikalisme di Jawa Barat: Ekspos Survei di 9 Kabupaten/Kota se-Jabar", yang digelar Kesbangpol Jabar dan IPRC, di Hotel Aston Pasteur, Kota Bandung, Rabu, 9 Juni 2021./Lucky M Lukman/Galamedia
Acara "Toleransi dan Radikalisme di Jawa Barat: Ekspos Survei di 9 Kabupaten/Kota se-Jabar", yang digelar Kesbangpol Jabar dan IPRC, di Hotel Aston Pasteur, Kota Bandung, Rabu, 9 Juni 2021./Lucky M Lukman/Galamedia /

GALAMEDIA - Masyarakat Jawa Barat dinilai memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi dan tidak mendukung hadirnya radikalisme.

Hal itu tergambar dari hasil survei yang dilakukan oleh Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) di 9 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Direktur Operasional dan Data Strategis IPRC, Idil Akbar menjelaskan, survei yang dilakukan oleh pihaknya mengkonfirmasi beberapa hal yang sebelumnya disampaikan lembaga survei lainnya.

Beberapa waktu lalu, sebuah survei pernah juga menyatakan Jawa Barat sebagai daerah paling tinggi soal intoleransi atau sikap pelarangan terhadap berkeyakinan, berkeagamaan dan lainnya.

Baca Juga: Resep Sop Buntut yang Segar dan Menggugah Selera, Awas Ketagihan!

"Tapi dari yang kami dapatkan, ternyata masyarakat Jawa Barat itu memiliki sikap toleransi yang memadai," terang Idil usai acara "Toleransi dan Radikalisme di Jawa Barat: Ekspos Survei di 9 Kabupaten/Kota se-Jabar", di Hotel Aston Pasteur, Kota Bandung, Rabu, 9 Juni 2021.

"Hal itu ditunjukkan dengan sikap mereka mau berteman, mau bersahabat, mau bermusyawarah, jual beli dan dialog dengan pemeluk agama lainnya," lanjut Idil.

Dalam urusan pendirian rumah ibadah, kata Idil, masyarakat di Jawa Barat juga sangat toleran. Hanya saja soal urusan yang menyangkut pribadi, seperti mengucapkan selamat kepada pemeluk agama lain yang merayakan hari besar, masih menjadi kendala.

Termasuk juga dalam urusan memilih kepala daerah yang berlainan agama atau membantu memberikan dana untuk pendirian tempat ibadah agama lain.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x