Covid-19 Terus Melonjak, Pemkab Garut Tambah Ruang Isolasi dan Perawatan

- 9 Juni 2021, 17:20 WIB
upati Garut yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Garut, Rudy Gunawan./dok.Galamedia
upati Garut yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Garut, Rudy Gunawan./dok.Galamedia /

GALAMEDIA - Kabupaten Garut kembali mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan atau outbreak kasus virus corona.

Hal tersebut memaksa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk menambah ketersediaan ruang isolasi dan ruang perawatan.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, untuk mengantisipaai hal tersebut, pihaknya terpaksa membuka kembali ruang perawatan untuk pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit swasta. Selain itu, pihaknya juga telah menambah sebanyak 150 bed tambahan.

"Kami sudah nambah kurang lebih 150 bed. Kami juga memperbanyak di mana dari 500 bed di puskesmas digunakan, untuk status sendiri kita masih di zona oranye," ujarnya, Rabu, 9 Juni 2021.

Baca Juga: Satu RT di Dago Lockdown, Tim JQR Kirim APD dan Bantuan untuk Warga yang Terpapar

Namun lanjut Rudy, perlu diketahui juga untuk masyarakat, saat ini apabila ada KC yang tanpa gejala disarankan untuk isolasi mandiri (isoman) dengan pengawasan petugas kesehatan.

"Kami perjelas ke masyarakat, kami mohon maaf, jadi untuk yang positif tidak bergejala meskipun positif di rumah saja (isoman). Kami akan buka call center yang dapat dihubungi kapan saja, nanti didatangi oleh petugas Puskesmas," ucapnya.

Menurut Rudy, bagi pasien yang biasa saja akan dilayani oleh Puskesmas, sedangkan RSUD dr. Slamet hanya untuk yang berpenyakit berat, yang harus mendapatkan penanganan langsung dokter spesialis dan memerlukan alat khusus.

"Jadi kalau datang ke RSUD pun nanti akan dikembalikan untuk berobat ke Puskesmas, kan ada rumah sakit tipe D, ada Nurhayati, Intan Husada, Medina atau RS Guntur. Itu bisa dijadikan rujukan berobat, kalau RSUD dr. Slamet kan tipe B," katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x