Gerhana Matahari Cincin Bakal Terjadi Besok, Nikmati Live Streaming-nya Pada Link Berikut!

- 9 Juni 2021, 21:13 WIB
Ilustrasi gerhana matahari cincin.
Ilustrasi gerhana matahari cincin. /Pixabay/Buddy_Nath//

GALAMEDIA - Salah satu fenomena alam langka yakni gerhana matahari cincin akan terjadi pada besok, Kamis, 10 Juni 2021.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi bertepatan dengan fase bulan baru.

Namun, gerhana matahari cincin rupanya tidak dapat dinikmati di Indonesia karena memang tidak tepat melewati wilayah Indonesia.

"Gerhana matahari cincin tidak dapat diamati dari Indonesia, hanya bisa diamati dari wilayah di sekitar kutub utara," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021 dilansir Antara.

Baca Juga: Jelang Simulasi PTM, Puluhan Siswa SD dan SMP di Kota Cimahi Positif Covid-19

Gerhana matahari cincin itu tidak dapat dilihat dari Indonesia. Gerhana tersebut hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin di Kanada serta kawasan Siberia di Rusia dengan kenampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43 WIB.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika Matahari, Bulan dan Bumi berada pada satu garis lurus. Pada waktu terjadi gerhana, Bulan yang menutupi Matahari tampak lebih kecil, sehingga tidak mampu menghalangi seluruh cahaya Matahari.

Sementara fase bulan baru kali ini terjadi pada 10 Juni 2021 pukul 17.52 WIB dengan jarak 404.245 kilometer dari Bumi dan terletak di konstelasi Taurus.

Baca Juga: Tak Peduli Bisa Memantik Konflik, Israel Bakal Gelar Pawai di Kota Tua Yerusalem

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X