Gerhana Matahari Cincin Terjadi Hari Ini, Ketahui 5 Efek Bahayanya, Benarkan Sebabkan Kebutaan?

- 10 Juni 2021, 08:49 WIB
Gerhana Matahari Cincin Terjadi Hari Ini, Tonton Live Streaming-nya Pada Link Berikut
Gerhana Matahari Cincin Terjadi Hari Ini, Tonton Live Streaming-nya Pada Link Berikut /Dok. LAPAN/

GALAMEDIA - Gerhana matahari cincin akan terjadi pada hari ini Kamis, 10 Juni 2021. Berdasarkan pemaparan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi bertepatan dengan fase bulan baru.

Kendati begitu, gerhana matahari cincin rupanya tidak dapat dinikmati di Indonesia karena memang tidak tepat melewati wilayah Indonesia.

"Gerhana matahari cincin tidak dapat diamati dari Indonesia, hanya bisa diamati dari wilayah di sekitar kutub utara," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021 dilansir Antara.

Baca Juga: Terbaru! Bantuan Kemenparekraf 2021 Bagi Pelaku Usaha, Simak Penjelasan dan Cara Mendapatkannya

Tahukan anda, meskipun terlihat cantik fenomena gerhana matahari cincin dapat memberikan efek negatif bahkan berbahaya?.

Berikut 5 efek gerhana matahari cincin seperti dirangkum Galamedia dari berbagai sumber.


1. Pasang Surut Air Laut

Salah satu efek yang sering terjadi karena fenomena gerhana matahari cincin yaitu pasang surut air laut. Namun, memang kita tidak dapat memprediksi secara gamblang mengenai apakah gerhana matahari cincin akan menyebabkan air laut menjadi cenderung pasang atau justru surut.

Hal ini selain disebabkan gerhana yang terjadi, namun juga dapat ditentukan dari karakteristik pantai sehingga tidak bisa disamaratakan bahwa efek ini akan terjadi di seluruh pantai di dunia.

Baca Juga: Roy Suryo Minta Eko Kuntadhi Cs Segera Diringkus, Begini Kata Polisi

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X