Soal PPN Sembako 12 Persen, Aktivis Ini Memohon Ke Jokowi dan Sri Mulyani: Mohon Dengarkan Kami Pak, Bu!

- 10 Juni 2021, 09:21 WIB
Ustadz Hilmi Firdausi (UHF)
Ustadz Hilmi Firdausi (UHF) /Tangkapan layar Twitter/@Hilmi28//


GALAMEDIA – Aktivis Dakwah, Hilmi Firdausi mendadak memohon kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Hilmi diketahui memohon agar kebijakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12% dipertimbangkan kembali, terlebih untuk bahan pokok atau sembako.

Ia mengatakan, masyarakat sudah mengalami kesulitan karena dampak pandemi Covid-19, sehingga dengan adanya kenaikan ini, akan membuat seluruh masyarakat lebih sulit.

Baca Juga: Alquran Surat Al Fiil, Ini Bacaan Arab, Latin, Sejarah, dan Terjemahnya, Yuk Tadarus

Hal ini ia sampaikan melalui akun Twitternya @Hilmi28 hari ini, Kamis, 10 Juni 2021. Dalam cuitannya itu ia juga menyebut (mention) akun Twitter miliki Jokowi.

“Assalamu'alaikum Pak @jokowi & Ibu Sri Mulyani, mhn dipertimbangkan lg pengenaan PPN 12% utk sembako. Ini rakyat sdg susah krn pandemi, jgn ditambah lagi dgn kenaikan hrg sembako yg pst akn membuat kalangan bwh mkin susah. Mhn dengarkan kami ya pak, ibu,” tulisnya.

Diketahui, pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan baru terkait PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Melalui kebijakan itu, pemerintah disebut akan mengenakan PPN terhadap barang kebutuhan pokok atau sembako.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 10 Juni 2021: Dewa Cemburu Buta, Lula Kecelakaan

PPN juga akan dikenakan pada barang hasil pertambangan atau pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya.

Kebijakan tersebut akan tertuang dalam perluasan objek PPN yang diatur dalam revisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Pengenaan pajak itu nantinya diatur dalam Pasal 4A draf revisi UU Nomor 6.

Dalam draf tersebut, barang kebutuhan pokok serta barang hasil pertambangan atau pengeboran dihapus dalam kelompok jenis barang yang tidak dikenai PPN. Sehingga, barang tersebut akan dikenakan PPN yang berlaku nantinya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x