BOR Baik, Irvan Minta Masyarakat Bandung Tidak Panik Tapi Tetap Waspada

- 10 Juni 2021, 16:10 WIB
Pakar Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran (Unpad), Dr. Irvan Afriandi.
Pakar Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran (Unpad), Dr. Irvan Afriandi. /Hj. Ati Suprihatin./

GALAMEDIA - Masyarakat Kota Bandung tidak perlu panik terkait informasi tentang tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) untuk pasien Covid-19 di rumah sakit di Kota Bandung yang mendekati angka 80 persen.

Demikian disampaikan Pakar Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran (Unpad), Dr. Irvan Afriandi, Rabu 9 Juni 2021.

Dalam keterangan yang disampaikannya melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Kota Bandung, Irvan mengatakan, per Rabu 9 Juni 2021, keterisian tempat tidur rumah sakit di Kota Bandung untuk seluruh kategori kasus Covid-19 telah mencapai 78 persen. Sedangkan keterisian tempat tidur untuk kasus Covid-19 di ruang ICU bertekanan negatif yang dilengkapi dengan ventilator telah mencapai 81 persen.

Baca Juga: Dibanderol dengan Harga Mencapai Rp1,2 Miliar, Ini Kelebihan New Audi A5 Sportback

Irvan mengatakan, yang perlu dicermati sesungguhnya rasio ketersediaan tempat tidur untuk seluruh kategori kasus Covid-19 di Kota Bandung yang jauh lebih baik dibandingkan kesiapan aglomerasi Bandung Raya.

Rasio ketersediaan tempat tidur untuk seluruh kategori kasus Covid-19 di Kota Bandung adalah, 1 per 1.626 penduduk dan rasio ketersediaan tempat tidur di ruang ICU bertekanan negatif dengan ventilator adalah 1 per 31.773 orang.

Sedangkan aglomerasi Bandung Raya adalah, 1 tempat tidur bagi 1.958 penduduk. Untuk tempat tidur pada ruang ICU bertekanan negatif dengan ventilator, rasionya adalah 1 : 78.882 penduduk wilayah aglomerasi.

Baca Juga: Bertemu Kepala BIN dan Kapolri, Habib Rizieq Shihab Meminta Abu Janda dan Denny Siregar Diproses Hukum

Irvan menyebutkan, bahkan ada suatu daerah yang rasio ketersedian tempat tidur seluruh kategori kasusnya hanya 1 untuk 14.412. Sedangkan rasio ketersediaan tempat tidur ruang ICU bertekanan negatif dengan ventilatornya hanya 1 : 273.679.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X