Harga Cabai Merah Naik, Pedagang: Pembelinya Keberatan Ini

- 10 Juni 2021, 19:50 WIB
Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Kota Cimahi mengalami kenaikan.
Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Kota Cimahi mengalami kenaikan. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

 

GALAMEDIA - Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Kota Cimahi mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir ini.

Kenaikan harga dipicu oleh minimnya pasokan, akibat cuaca buruk yang terjadi di sebagian wilayah saat ini.

Berdasarkan hasil monitoring petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Pasar Kota Cimahi, Kamis, 10 Juni 2021, harga cabai merah di Pasar Atas Baru, Pasar Cimindi, dan Pasar Melong mengalami kenaikan rata-rata Rp 1.000 sampai 2.000 per kilogram.

Di Pasar Atas Baru, harga cabai merah saat ini dijual 35.000 per kg, di Pasar Cimindi Rp 30.000/kg, dan di Pasar Melong Rp 25.000 per kg.

"Saat ini harga cabai merah rata-rata mengalami kenaikan hampir di semua pasar tradisional Kota Cimahi," ungkap Kasubag Tata Usaha (TU) UPTD Pasar Kota Cimahi, Andri Gunawan.

Baca Juga: Minta Bantuan DPR RI Soal PPN Sembako, Menteri Keuangan Sri Mulyani: Hoaks yang Bagus Banget!

Dijelaskannya, kenaikan harga cabai merah ini disebabkan faktor cuaca buruk yang terjadi saat ini. "Cuacanya lagi kurang bagus buat cabai, jadi pasokan berkurang. Dampaknya ya terjadi kenaikan harga," sebutnya.

Hal senada diungkap Yusuf, pedagang sayuran di Pasar Cimindi. Menurutnya, pasokan cabai ke pasar tradisional terkendala setelah daerah penghasil cabai seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur banyak yang mengalami gagal panen. Kalau pun ada yang panen, tetap tidak optimal.

"Mungkin karena cuacanya yang tidak menentu. Sebab cuaca kan sangat berpengaruh terhadap panen atau tidaknya para petani," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X