Menolak Pakai Ambulans karena Malu, Pasien Covid-19 di Cisewu Diantarkan dengan Sepeda Motor

- 10 Juni 2021, 20:35 WIB
Menolak pakai ambulans, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Cisewu diantarkan dengan menggunakan sepeda motor, Kamis, 10 Juni 2021./Foto:Istimewa
Menolak pakai ambulans, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Cisewu diantarkan dengan menggunakan sepeda motor, Kamis, 10 Juni 2021./Foto:Istimewa /

GALAMEDIA - Menolak dibawa pakai ambulans, seorang warga terkonfirmasi positif Covid-19 terpaksa diantarkan dengan menggunakan sepeda motor.

Peristiwa tersebut terjadi di Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Kamis 10 Juni 2021.

Kepala Desa Cisewu, Udan Rukmana mengatakan, sebelumnya warga tersebut mengalami beberapa gejala lalu pergi ke Puskesmas Cisewu untuk berobat.

Namun setelah diperiksa dan dilakukan rapid tes antiigen oleh pihak Puskesmas, ia diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Saat hendak diantarkan dengan menggunkan ambulans, terang Udan, pasien tersebut menolak dengan alasan takut membuat keluarga dan tetangganya gempar dan ribut.

"Ya tentunya saya sangat menyesalkan alasan pasien tersebut, karena ini virus berbahaya harus ditangani dengan ketat," ujarnya, saat dihubungi, Kamis 10 Juni 2021.

Baca Juga: Ibas Resmi Bergelar Doktor dengan Predikat Cumlaude dari IPB, AHY: We Are So Proud You!

Menurut Udan, sebenarnya pihak Pukesmas sudah berusaha membujuk agar pasien tersebut mau diantarkan dengan menggunakan ambulans. Namun ia tetap saja menolak dan hanya mau diantarkan dengan motor.

"Sudah dibujuk, bahkan sama Koramil juga, tapi tetap tidak mau, maunya diantar pakai motor, alasannya tak masuk akal. Bagaimana kalau virusnya menyebar di setiap jalan yang ia lalui," ucapnya.

Karena bersikukuh tidak mau dibawa menggunakan ambulans, tambah Udan, pasien itu pun akhirnya terpaksa diantarkan ke rumahnya oleh salah seorang petugas Puskesmas Cisewu ber APD lengkap dengan menggunakan sepeda motor.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X