Ada Lonjakan Covid-19, RS Negeri dan Swasta yang Bahu Membahu Tambah Kamar Perawatan

- 11 Juni 2021, 16:56 WIB
 Plt Kepala Dinas Kesehatan Jabar Dewi Sartika bicara penambahan tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 dalam acara Jabar Punya Informasi, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat 11 Juni 2021.
Plt Kepala Dinas Kesehatan Jabar Dewi Sartika bicara penambahan tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 dalam acara Jabar Punya Informasi, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat 11 Juni 2021. /Dinkes Jabar/

GALAMEDIA - Pemda Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kerja keras rumah sakit negeri dan swasta yang bahu membahu menambah kamar perawatan akibat lonjakan kasus COVID-19 pascalibur lebaran.

“Terima kasih kepada rumah sakit dan kepala dinas yang sudah berjuang menghadapi lonjakan kasus pascalebaran. Terkait peningkatan kapasitas perawatan pasien COVID-19, rumah sakit kementerian harus menyiapkan 40 persen.

Sekarang sudah 30-34 persen persen dari kapasitas rumah sakit di kabupaten kota, rumah sakit swasta, TNI dan Polri untuk menampung pasien COVID-19 ," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Jabar Dewi Sartika dalam Jabar Punya Informasi di Gedung Sate Bandung, Jumat 11 JUNI 2021.

Baca Juga: Disaksikan Gubernur Jabar, Pemkab Sumedang Pasok Kebutuhan Warga Jakarta

Untuk menghadapi lonjakan kasus COVID-19, Dinkes Jabar telah mengirimkan 30 perawat yang bertugas selama penambahan jumlah tempat tidur untuk pasien COVID-19 di RS Al-Ihsan.

“Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan dari Dinkes Jabar, mendapat tenaga 30 perawat relawan ini sangat bermakna sekali, (mereka bertugas) saat penambahan jumlah tempat tidur untuk pasien COVID-19, sehingga konsekuensinya harus ada penambahan tenaga, karena perawat (yang sudah bertugas) tidak mungkin dilemburkan kembali untuk menjaga kondisi kesehatan mereka,” kata Dirut RS Al-Ihsan Dewi Basmala Gatot.

Dewi Basmala menjelaskan, RS Al-Ihsan telah mengurangi ketersediaan tempat tidur bagi pasien tanpa gejala atau gejala ringan yang dapat melakukan isolasi mandiri di rumah atau di tempat isolasi yang disediakan pemerintah.

Baca Juga: PPN 12 Persen, Rocky Gerung Sebut Pajak Adalah Cara Biadab untuk Mempetahankan Peradaban

Saat ini, RS Al-Ihsan hanya merawat pasien COVID-19 dengan tingkat keparahan sedang dan berat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X