Megawati Jadi Profesor, Langsung Berikan Pujian ke Jokowi Gara-gara Hal Ini

- 11 Juni 2021, 20:16 WIB
Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri dalam orasi ilmiahnya di Universitas Pertahanan, Jumat 11 Juni 2021.
Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri dalam orasi ilmiahnya di Universitas Pertahanan, Jumat 11 Juni 2021. /Tangkapan layar Universitas Pertahanan official/

GALAMEDIA - Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

Pada sidang senat terbuka yang digelar di Kampus Unhan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 11 Juni 2021, Megawati pun langsung memberikan pujian kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Megawati pada orasi ilmiahnya memuji keputusan Jokowi yang membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang merupakan salah satu langkah pemimpin strategik.

Menurut Megawati, saat ini terjadi berbagai perkembangan teknologi yang bersifat revolusioner, seperti teknologi rekayasa genetika, teknologi rekayasa atomik, teknologi informasi, hingga realitas virtual.

Baca Juga: Said Didu Ungkap Keuntungan Pemerintah Melalui PPN Beras Mencapai Rp 24 Triliun: Betul-betul Aneh

Di tengah keadaan itu, katanya, keputusan Presiden Jokowi mengintegrasikan seluruh lembaga pengembangan dan riset ke dalam BRIN adalah tepat.

Apalagi dengan menempatkan ideologi Pancasila sebagai tonggak eksistensi seluruh 'strategic policy' dari BRIN.

"Dengan keberadaan BRIN, maka 'research based policy' harus dikedepankan. Dengan guidelines Pancasila, BRIN diharapkan mempercepat jalan berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari di bidang ekonomi," terang Megawati dalam siaran persnya, dikutip dari Antara.

Tanpa berdikari, lanjutnya, sulit bagi negara besar seperti Indonesia untuk berdaulat di bidang politik.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x