Kerap Jebol dan Sebabkan Banjir, Tanggul Sungai Cisunggalah Mulai Diperbaiki

- 12 Juni 2021, 21:15 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna memasang boplang pengerjaan TPT di lokasi tanggul Sungai Cisunggalah yang jebol di Kampung Muara, Desa Panyadap, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Sabtu, 12 Juni 2021./Engkos Kosasih/Galamedia
Bupati Bandung Dadang Supriatna memasang boplang pengerjaan TPT di lokasi tanggul Sungai Cisunggalah yang jebol di Kampung Muara, Desa Panyadap, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Sabtu, 12 Juni 2021./Engkos Kosasih/Galamedia /

GALAMEDIA - Tembok penahan tanah (TPT) atau penahan luapan air Sungai Cisunggalah, mulai diperbaiki, Sabtu, 12 Juni 2021.

Lokasi tanggul yang kerap jebol itu berada di Kampung Muara RT 03/RW 01 Desa Panyadap, Kecamatan Solokanjeuk, Kabupaten Bandung.

Perbaikan ditandai dengan dipasangnya boplang oleh Bupati Bandung, Dadang Supriatna dengan disaksikan warga setempat.

Selain itu, ikut diterjunkan alat berat backhoe untuk penanggulangan tanggul Sungai Cisunggalah yang jebol.

Baca Juga: Kompak dengan Megawati, Bamsoet Sebut UUD 1945 Perlu Amandemen, Demokrat Malah Sangat Setuju

Sekaligus untuk pengerjaan pembangunan TPT sepanjang 105 meter dan lebar 120 cm di lokasi tanggul yang jebol tersebut.

"Langkah-langkah penanggulangan tanggul Sungai Cisunggalah yang jebol itu dengan menggunakan biaya tak terduga (BTT) dari APBD Kabupaten Bandung yang merupakan anggaran tanggap darurat pasca kejadian tersebut," ujar Dadang.

Soal digunakannya biaya tak terduga itu, ujar Dadang, karena pihaknya tidak bisa memastikan anggaran penanggulangan bencana dari Balai Besar Wilayah Sungai Citarum.

"Sementara masyarakat perlu penyelamatan selanjutnya. Sehingga awalnya penanganan di lokasi tanggul Sungai Cisunggalah yang jebol itu awalnya pembangunan tanggul sepanjang 20 meter, menjadi sepanjang 105 meter pembangunan pondasi atau TPT tersebut," terangnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X