Sikapi Lahirnya Pancasila, Bernas Gelar Seminar Kebangsaan

- 13 Juni 2021, 10:14 WIB
Ilustrasi Pancasila. Gubernur NTB  H Zulkieflimansyah menilai agama sama sekali tidak bertentangan dan tidak dapat dipertentangkan dengan Pancasila.
Ilustrasi Pancasila. Gubernur NTB H Zulkieflimansyah menilai agama sama sekali tidak bertentangan dan tidak dapat dipertentangkan dengan Pancasila. /bpip.go.id

GALAMEDIA - Guna mewujudkan persatuan dan kesatuan antarumat beragama dalam kerangka Pancasila, CV Berkah Nasional (Bernas) menggelar seminar kebangsaan di Hotel Nuanza Ballroom, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. 

Seminar ini dihelat dalam rangka menyikapi lahirnya Pancasila.

Menurut Ketua Umum Bernas, H. Abdul Kadir, motivasi digelarnya seminar kebangsaan ini sebagai upaya membantu pemerintah dalam memberikan kontribusi untuk menjaga kerukunan umat beragama.

Baca Juga: Jadwal dan Hasil Pertandingan Lengkap EURO 2020, Malam Ini Inggris vs Kroasia

Dalam siaran pers yang diterima Galamedia, Minggu, 13 Juni 2021, Abdul Kadir menambahkan, CV Berkah Nasional mengajak seluruh lapisan masyarakat lintas agama di wilayah Kabupaten Bekasi untuk selalu menjalin komunikasi.

Ia menyebutkan, untuk menciptakan toleransi antarumat beragama dibutuhkan rasa saling menghargai, menghormati, dan saling menjaga seperti yang tertuang dalam Pancasila. “Itu harus dimulai dari kita sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: Inggris vs Kroasia, Three Lions Siap Balaskan Dendam Luka Semifinal Piala Dunia 2018

Sementara itu, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Bekasi, K.H. Ahmad Nurul Huda Haem mengatakan, kemerdekaan mampu diraih melalui perjuangan yang dilakukan para pahlawan dengan mempertaruhkan harta, jiwa dan raga.

“Pada masa itu, atas nama bangsa Indonesia, semua lapisan masyarakat tidak memandang suku, golongan dan agama, turun angkat senjata berjuang melawan penjajah,” tegasnya.

Seminar kebangsaan lintas agama ini mendapat apresiasi dari sejumlah tokoh lintas agama yang hadir di antaranya Robertus Astauwario, tokoh Katolik Kabupaten Bekasi.

Baca Juga: Kembaran dengan Nagita Slavina, Paula Verhoeven dan Baim Wong Ungkap Jenis Kelamin Adik Kiano

Menurut Robertus, seminar kebangsaan kali ini mampu menjalin komunikasi antarumat beragama, sehingga diharapkan tidak ada lagi perselisihan dan mampu menciptakan toleransi di antara mereka.

“Saya sebagai salah satu umat Katolik yang ada di Bekasi, tentunya kita menyambut baik acara seminar seperti ini. Setidaknya kami bisa saling mengenal dan rasa toleransi bisa terus tumbuh dan berkembang di Kabupaten Bekasi,” ujar Rio, sapaan akrab Robertus Astauwario.

Dia berharap, hasil dari seminar dapat dijadikan bahan kajian bagi pemerintah daerah sehingga semua umat beragama dapat menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya.

Baca Juga: Jangan Malas! Berikut 4 Masalah yang Akan Timbul Jika Malas Ganti Baju Setelah Olahraga

“Ini artinya mereka bisa merasakan beribadah dengan nyaman dan aman,” harapnya.

Di penghujung seminar, juga dilakukan penandatanganan ikrar bersama tokoh lintas agama di Kabupaten Bekasi untuk selalu menjaga komunikasi serta kerukunan antarumat beragama yang telah lama tercipta dan terjalin.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x