PPnBM 0 Persen Mobil Baru Diperpanjang di Tengah Wacana PPN Sembako dan Pendidikan

- 13 Juni 2021, 20:45 WIB
Ilustrasi pajak.
Ilustrasi pajak. /Pexels/Nataliya Vaitkevich

GALAMEDIA - Pemerintah telah resmi memperpanjang program PPnBM 0 Persen mobil baru atau diskon PPnBM 100 Persen resmi diperpanjang.

Perpanjangan PPnBM 0 Persen atau diskon PPnBM 100 persen itu seperti disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang pada Minggu, 13 Juni 2021.

Disebutkannya bahwa perpanjangan PPnBM 0 persen atau diskon PPnBM 100 persen atas kesepakatan dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat di 3 Kecamatan, Cimahi Masuk Zona Merah

"Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi," katanya Minggu, 13 Juni 2021 dilansir Antara.

"Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” sambung dia.

Perpanjangan pemberian insentif PPnBM diusulkan oleh Menperin dan disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Jumat, 11 Juni 2021.

Baca Juga: Sembako Kena PPN, Bamsoet: Kemenkeu Harus Pandai Mengolah Rasa, Tidak Hanya Mengolah Angka

Dalam paparannya, Kementerian Perindustrian menyebutkan bahwa hingga saat ini potensi sektor otomotif didukung sebanyak 21 perusahaan, dengan total kapasitas mencapai 2,35 juta unit per tahun dan serapan tenaga kerja langsungnya sebanyak 38 ribu orang.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x