Gagal Diterima SBMPTN? Berikut 5 PTS Terbaik di Indonesia, Tak Kalah dari PTN Terkenal

- 14 Juni 2021, 09:38 WIB
Ilustrasi perguruan tinggi.
Ilustrasi perguruan tinggi. /Pixabay/McElspeth/

GALAMEDIA – Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akan diumumkan hari ini, Senin, 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB.

Kamu dapat memeriksa hasilnya melalui laman resmi https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ dengan menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir. Selain itu terdapat 29 laman mirror untuk memeriksa hasilnya.

Baca Juga: Mau Awet Muda? Hindari 5 Kebiasaan Pemicu Penuaan Dini Ini

Tidak semua beruntung akan diterima melalui jalur SBMPTN. Namun jangan khawatir, karena ada  banyak Perguruan Tinggi Swasta yang dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan studi.

Dilansir Galamedia dari berbagai sumber, berikut lima PTS terbaik di Indonesia!

1. Universitas Trisakti

Trisakti merupakan salah satu PTS terbaik yang terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Kyai Tapa, Grogol.

Dilihat dari posisi, kondisi kampus Universitas Trisakti sangatlah strategis, karena berada tepat di tengah-tengah jantung ibu kota Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan, kegiatan bisnis, perekonomian dan politik nasional.

Terdapat berbagai jurusan di Trisakti yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Baca Juga: Pertama Kali Bertemu Prabowo, Anak Deddy Corbuzier Malah Diajak Masuk Militer

2. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

UNPAR merupakan salah satu PTS yang terletak di Kota Bandung dan didirikan pada 17 Januari 1955. Kampus utamanya di Jalan Ciumbuleuit, Bandung dan kampus lainnya di Jalan Merdeka, Aceh, dan Jalan Nias. UNPAR juga sudah mengantongi Akreditasi A sebagai Institut Pendidikan Tinggi.

3. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas ini awalnya adalah sebuah Institut Pelatihan Komputer modern yang didirikan pada 21 Oktober 1974. Universitas BINUS kemudian didirikan pada 8 Agustus 1996.

Beberapa fakultas yang ada di BINUS, contohnya, Fakultas Teknik, Ekonomi dan Informasi, serta Humaniora. BINUS juga dikenal sebagai Universitas termahal lho, namun harga tersebut pastinya setara dengan perkuliahannya.

Baca Juga: SBMPTN 2021 Diumumkan Hari Ini Pukul 15.00, Berikut 30 Link untuk Akses Hasilnya

4. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII merupakan PTS Nasional tertua di Indonesia yang berada di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam yang didirikan di Jakarta pada 8 Juli 1945.

UII memiliki beberapa kampus yang tersebar di Yogyakarta. Pada tahun 2009 UII terpilih sebagai perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia lho.

5. Universitas Telkom (Tel-U)

Tel-U merupakan PTS yang kampus utamanya terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kampus lainnya berada di daerah Gegerkalong Hilir, Bandung Utara.

Baca Juga: Fahri Hamzah Mendadak Sentil Para Capres: Kalau Mau Manggung, Ide Lu Dulu Apa? Pemilu Kan Masih Lama

Universitas ini berdiri pada 14 Agustus 2013 sebagai Universitas Telkom. Memiliki 27 program studi yang dikelola oleh tujuh fakultas. Tel-U memiliki banyak prestasi tingkat nasional maupun internasional.

Jadi tenang saja, walaupun gagal lolos masuk PTN, PTS di atas bisa menjadi pilihan. Selamat menempuh pendidikan lebih tinggi teman-teman!***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x