Info Penting! Alhamdulillah Nilai UTBK Bisa Dipakai Mendaftar Seleksi Mandiri

- 14 Juni 2021, 17:57 WIB
Ilustrasi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SBMPTN.
Ilustrasi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SBMPTN. /Antara/David Muharmansyah

GALAMEDIA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bisa digunakan untuk seleksi mandiri.

Ketua Pelaksana LTMPT, Prof Budi Prasetyo mengatakan, di tahun ini PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk seleksi mandiri sebanyak 80 PTN.

Jumlahnya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 40 PTN.

Ditambahkan Budi, ketentuan penggunaan nilai UTBK untuk seleksi mandiri tersebut, lanjut dia, diserahkan pada masing-masing PTN.

Baca Juga: Miras Oplosan Diduga Masih Marak di Kabupaten Bandung, Begini Titah Bupati ke Satpol PP

Selain PTN, sejumlah perguruan tinggi kedinasan juga menggunakan nilai UTBK sebagai salah satu syarat seleksi penerimaan mahasiswa baru.

"Ada sejumlah perguruan tinggi kedinasan yang menggunakan nilai UTBK, tapi yang sudah menyatakan menggunakan nilai UTBK adalah Politeknik Keuangan Negara STAN," terang Budi dikutip dari Antara.

Sementara itu, Ketua LTMPT, Prof Mohammad Nasih mengatakan, tidak ada mekanisme pemantauan lanjutan untuk SBMPTN. Siswa yang lolos SBMPTN tidak dilarang untuk mengikuti seleksi mandiri.

"Hal itu dikarenakan ujian mandiri dilakukan masing-masing PTN dan mereka tidak mendapatkan data SBMPTN. Jadi tidak ada kebijakan yang melarang mereka yang diterima di SBMPTN karena belum ada sistemnya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x