DPRD Jabar Sebut Program Petani Milenial Bisa Jadi Solusi Kaderisasi Petani

- 14 Juni 2021, 20:22 WIB
  Komisi II DPRD Jawa Barat kunjungi Kantor UPTD Balai Pengembangan Benih Hortikultura dalam rangka monitoring terkait program Petani Milenial, Senin 14 Juni 2021.
Komisi II DPRD Jawa Barat kunjungi Kantor UPTD Balai Pengembangan Benih Hortikultura dalam rangka monitoring terkait program Petani Milenial, Senin 14 Juni 2021. /Pemprov Jabar/

GALAMEDIA - Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Ahmad Hidayat menilai, program petani milenial dapat menjadi solusi untuk kaderisasi profesi petani Jawa Barat ditengah berkurangnya minat generasi muda pada profesi tersebut.

"Saya kira petani milenial ini baik agar ada kaderisasi di tataran petani bisa terus berlangsung. Jangan sampai kedepannya tidak ada lagi profesi petani, karena ada yg meninggal, sepuh dan berhenti dan tidak tertariknya lagi anak muda untuk menjadi petani"ucapnya usai kunjungan kerja Komisi II di UPTD Balai Pengembangan Benih Hortikultura di Pasirbanteng Kabupaten Sumedang, Senin 14 Juni 2021.

Ahmad menambahkan, terakait dengan belum tercapainya target penjaringan peserta petani milenial harus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pihaknya pun meminta, agar proses penjaringan dilakukan dengan metode yang sederhana.

Baca Juga: Ungkit Angka Kematian, Puan Minta Pembelajaran Tatap Muka Dilakukan Secara Hati-hati

"Proses rekruitment jangan terlalu panjang hingga memakan waktu 6 bulan, harus dibuat lebih sederhana prosesnya dan Kepada Pemprov harap diperhatikan bahwa tidak semua sektor pertanian ini bisa bankable, bisa memenuhi syarat syarat perbankan"katanya.

Lebih lanjut Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Golkar tersebut menyebut, pihaknya akan terus mengawal proses penyempurnaan program tersebut sehingga apa yang menjadi tujuan yaitu terciptanya ketahan pangan di Jawa Barat dapat terwujud.

"Program ini harus terus dilaksanakan serta didorong, dan masih perlu penyempurnaan disisi teknis kita akan Kawal bersama" pungkasnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x