Gempa M 4,3 Guncang Jambi, Rumah-rumah Seperti Digoyang, Warga Berhamburan Menyelamatkan Diri

- 14 Juni 2021, 20:34 WIB
Ilustrasi gempa bumi yang mengguncang Jambi, Senin, 14 Juni 2021.
Ilustrasi gempa bumi yang mengguncang Jambi, Senin, 14 Juni 2021. /Pixabay/pc631798

GALAMEDIA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,3 berkedalaman dua kilometer mengguncang Kabupaten Merangin, Jambi, Senin 14 Juni 2021 pukul 18.46 WIB.

Berdasarkan info dari BMKG Jambi, epicentrum gempa berlokasi di 2,26 Lintang Selatan dan 102,30 Bujur Timur tepatnya 36 kilometer sebelah tenggara Merangin Jambi dengan kedalaman 2 kilometer.

Kepala BMKG Kelas I Sulthan Thaha Kelas I Jambi, Ibnu Sulistiyono membenarkan peristiwa gempa bumi yang terjadi di Merangin tersebut.

"Benar, ada gempa di Merangin. Infonya rumah seperti digoyang. Tidak lama namun getarannya sangat terasa," ujarnya.

Baca Juga: Pangdam Jaya, Kapolda Metro dan Kepala Kejati DKI Mendadak Sambangi Kantor Anies Baswedan, Ada Apa Ya?

Ia menyebutkan gempa itu termasuk gempa tektonik. Pihaknya berkoordinasi dengan institusi terkait mengenai gempa tersebut, termasuk dengan Stasiun BMKG Kapahiang Kerinci.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di wilayah setempat.

"Guncangan yang dirasakan di Merangin III MMI. Geraran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," lanjut Ibnu dikutip dari Antara.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x