Kasus Covid-19 Jakarta Meningkat 50 Persen, Anies Baswedan Ingatkan Fase Genting Bisa Terjadi Lagi

- 15 Juni 2021, 15:27 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. /Pikiran Rakyat/ Amir Faisol/

GALAMEDIA - Gubernur Anies Baswedan mengimbau masyarakat DKI Jakarta untuk meningkatkan kewaspadaan terkait lonjakan kasus Covid di Ibu Kota.

Dalam keterangan resminya, Anies mengatakan jika corona di Jakarta semakin tak terkendali maka mereka akan kembali berhadapan dengan fase genting.

Baca Juga: Rizal Ramli Sebut Ada 100 Ribu BuzzerRP: Inilah Sampah Demokrasi, Bayaran Pejabat Minim Prestasi dan Koruptor

"Bila kondisi corona di Jakarta sekarang tak terkendali, kita akan masuk fase genting," kata Anies dalam keterangan resmi yang dikutip Galamedia, Selasa (15 Juni 2021).

"Jika fase itu terjadi maka kita harus ambil langkah drastis seperti yang dialami bulan September lalu dan Februari lalu. Kita inginkan peristiwa itu tak berulang," tambahnya.

Peningkatan corona di Jakarta bergerak cepat hingga 50% sehingga memaksa DKI Jakarta untuk kembali memperketat penyebaran kasus yang sempat terjadi pada September 2020 dan Februari lalu.

Baca Juga: Menteri KKP Trenggono Terapkan Kebijakan Ekonomi Biru dalam Mencapai Target Produksi Udang 250 Persen

"Rakyat warga dengan pemerintah dan penegak hukum harus kolaborasi. Masyarakat menjalankan 3M dan kita (pemerintahan) laksanakan 3T," katanya.

Anies juga mengajak masyarakat Jakarta untuk tidak keluar rumah jika tak ada keperluan  mendesak.

"Semua masyarakat bila tidak harus berpergian, jangan tinggalkan rumah kecuali kebutuhan dasar dan mendesak," ujarnya.

Baca Juga: Dua Anaknya Terkonfirmasi Positif Covid 19, Keluarga Zaskia Adya Mecca Banjir Doa

Kasus harian Covid-19 di Jakarta kembali melonjak dalam beberapa hari terakhir. Terhitung pada 6 Juni 2021 kasus harian mencapai 17.400.

"Data menunjukkan bahwa dalam sepekan terakhir kasus aktif corona di Jakarta pada tanggal 6 Juni 2021 adalah 11.500, sedangkan pada hari ini jadi 17.400 dalam sepekan telah terjadi peningkatan 50 persen," paparnya.

Dalam satu pekan terakhir kasus aktif meningkat 50%. Demikian juga positivity rate yang  meningkat pesat dibandingkan pekan lalu.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Cara Ini Dijamin Ampuh Ringankan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Untuk itu, Anies menggelar Apel Patroli Skala besar Gabungan pada Minggu (13 Juni 2021) kemarin dengan melibatkan  Polisi Satuan Pamong Praja DKI Jakarta, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya serta seluruh masyarakat.

Kesempatan itu digunakan Anies untuk menginsruksikan seluruh pihak agar meningkatkan kewaspadaan terhadap lonjakan kasus corona di DKI Jakarta.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x