Waspada, Varian Baru Covid-19 Diduga Sudah Masuk Jabar

- 15 Juni 2021, 18:34 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. /Instargam/@ridwankamil

GALAMEDIA - Warga Jawa Barat diminta waspada. Bukan sekedar jumlah kasus positif Covid-19 terus melonjak, tapi ada dugaan penyebaran strain virus baru dari India atau delta sudah masuk ke Jawa Barat.

Dugaan itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. "Per hari ini belum ada data. Tapi, feeling saya sih ada ya (varian Delta di Jabar). Tapi harus kita tunggu secara keseluruhan," kata Emil seusai Rapat Komite Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Makodam III/Siliwangi Kota Bandung, Selasa, 15 Juni 2021.

Baca Juga: Jaksa Pinangki Dapat Diskon Hukuman, Akademisi: Alasan Hakim Dicari-cari, Kejahatan Korupsi Bisa Makin Mulus

Emil mengatakan, berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan, strain virus baru Covid-19 dari India atau delta sudah ditemukan di Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

"Yang Bandung sedang dites genome-nya, hasilnya belum keluar," kata dia.

Ridwan Kamil mengimbau warga Jabar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dalam mengantisipasi serangan Covid-19 varian delta dari India.

Baca Juga: Bikin Heboh Lantaran Umumkan Sedang Cari Vendor Dekorasi Pernikahan, Syakir Daulay Siap Menikah?

Selain itu, Kang Emil juga mengimbau warga Jabar tetap tenang menyikapi adanya strain virus baru Covid-19 dari India atau delta tersebut dan harus tetap disiplin menerapkan prokes.

"Kalaupun ada (Covid-19 varian Delta asal India menjangkiti warga Jabar), jawabannya sama saja, hanya prokes 5M, kedisiplinan dan persiapan karena daya mematikannya tidak terlalu tinggi," ujar Emil.***

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x