Setiap Desa di Kabupaten Bandung Harus Sanggup Melakukan Mitigasi Bencana

- 15 Juni 2021, 22:22 WIB
Relawan yang hadir dalam pembukaan Pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) dan Pengukuhan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Selasa, 15 Juni 2021./Humas Pemkab Bandung
Relawan yang hadir dalam pembukaan Pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) dan Pengukuhan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Selasa, 15 Juni 2021./Humas Pemkab Bandung /

GALAMEDIA - Bupati Bandung Dadang Supriatna melaunching BEDAS 96, untuk membentuk relawan bencana di setiap desa di Kabupaten Bandung.

Pembentukan relawan dalam rangka membantu pemerintah sebagai upaya pencegahan dan pengurangan risiko bencana.

Hal itu diungkapkan bupati di sela acara pembukaan Pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) dan Pengukuhan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Selasa, 15 Juni 2021.

"Ini upaya mengurangi risiko bencana di 270 desa dan 10 kelurahan yang tersebar di 31 kecamatan. Pesertanya perwakilan dari masing-masing desa, sehingga nanti setiap desa memiliki SDM yang berkompeten melakukan mitigasi bencana," terang Dadang.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Pemerintah Melakukan Intervensi terhadap Penanggulangan Covid-19

Mitigasi, tuturnya, dilihat dari segi kerawanan. Di mana masing-masing daerah memiliki titik rawan bencana.

Wilayah rawan bencana, menjadi salah satu prioritas yang akan dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan juga program-program Pemkab Bandung ke depan.

"Salah satu contoh di Kutawaringin. Ada salah satu kawasan yang mengalami gempa tektonik, di mana sampai saat ini belum dilakukan pemindahan. Di sini pemerintah harus hadir, jangan sampai setelah terjadi baru hadir," ujarnya.

"Kemudian di Kertasari, masyarakat harus mendapat pemahaman dan edukasi supaya terhindar dari banjir bandang. Salah satunya melalui penanaman pohon keras di lahan kritis," lanjut Dadang.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x