Prostat Sembuh Karena Tertolong JKN-KIS

- 18 Juni 2021, 14:00 WIB
Maman Koswara (62) bersama keluarga.
Maman Koswara (62) bersama keluarga. /BPJS Kesehatan/

GALAMEDIA - Maman Koswara (62) adalah peserta program JKN–KIS yang berprofesi sebagai petani di Kampung Selaawi, Kelurahan Mugarsari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung oleh Pemerintah.

Pada bulan Januari 2021, Maman mengalami rasa nyeri ketika membuang air kecil selama beberapa hari.

“Di awal tahun 2021, saat buang air kecil, air yang keluar hanya sedikit seperti tersendat-sendat dan ada rasa nyeri sampai saya tidak bisa tidur hingga beberapa malam,” cerita Maman yang ditemui di kediamannya, Kamis, 27 Mei 2021.

Baca Juga: Setelah Dua Tahun Stroke, Suminta Kini Punya Kursi Roda Impiannya

Setelah beberapa hari mengeluh pada pihak keluarga kemudian pihak keluarga memutuskan membawa Maman ke Puskesmas Sangkali di mana ia terdaftar.

Ketika pihak Puskesmas melihat kondisi Maman ternyata harus adanya tindakan lebih lanjut di Rumah Sakit, kemudian pihak Puskesmas memberikan surat rujukan untuk pemeriksaan lebih lanjut di RS TMC.

Maman menjalani pemeriksaan di Rumah sakit tersebut, dari hasil pemeriksaan Maman mengalami kanker prostat.

Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil.

Sebagian besar penderita kanker prostat berusia di atas 60 tahun. Kanker ini tidak bersifat agresif dan berkembang secara perlahan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x