Covid-19 DKI Jakarta Kembali Meledak, Wagub Ariza Santai Bilang Masih Terkendali

- 18 Juni 2021, 08:42 WIB
Seorang tenaga kesehatan mengumpulkan sepatu untuk disterilkan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa 15 Juni 2021.
Seorang tenaga kesehatan mengumpulkan sepatu untuk disterilkan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa 15 Juni 2021. /Antara/M Risyal Hidayat/



GALAMEDIA - Situasi Covid-19 DKI Jakarta terus mengalami peningkatan akhir-akhir ini. Bahkan pada Kamis, 17 Juni 2021 kembali mengalami ledakan kasus mencapai 4.144 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktaviani menyebut, lonjakan kasus Covid-19 DKI Jakarta kemarin adalah yang tertinggi sejak pandemi melanda.

Diketahui, ledakan Covid-19 DKI Jakarta pernah terjadi pada 7 Februari 2021 yang lalu dengan 1.213 kasus.

"Jika kilas balik, kasus hari ini mendekati angka yang pernah terjadi pada 7 Februari 2021 yang mencapai 4.213 kasus dalam sehari," kata Dwi, Kamis, 17 Juni 2021.

Baca Juga: BMKG: Bandung Raya Kembali Bakal Diguyur Hujan, Para Pengguna Jalan Raya Diimbau Hati-hati

Namun menangani meledaknya kasus Covid-19 DKI Jakarta, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria (Ariza) justru santai dan menganggap kondisi masih terkendali.

"Ya kasusnya tinggi, tapi semua masih dalam kendali. Dalam kontrol, dalam pengawasan, dalam kendali," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis, 17 Juni 2021 dilansir Antara.

Riza mengakui kasus Covid-19 di Jakarta kian meningkat pada beberapa waktu terakhir. Bahkan dari data per Kamis kemarin, penambahan kasus mencapai 4.144 kasus.

Meski demikian, Riza menyebut meningkatnya kasus harian Covid-19 di DKI juga dibarengi dengan jumlah testing yang disebutnya sudah melebihi standar WHO.

Baca Juga: Siang Ini! Sejumlah Ruas Jalan di Kota Bandung Mulai Ditutup, Berikut Ini Daftarnya

"Kasus tinggi disebabkan karena tes PCR kita tinggi ya sampai sembilan kali lipat dari standar yang diminta oleh WHO," ujarnya.

Selain itu, politikus Gerindra ini menyampaikan angka kesembuhan Covid-19 masih di atas 90 persen, sehingga menjamin situasi Covid-19 di Jakarta tetap terkontrol.

"Angka kesembuhan masih baik ya, 93,8 persen, angka kematian 1,7 persen," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Fadil Imran juga sempat melaporkan ihwal meledaknya kasus Covid-19 DKI Jakarta.

Baca Juga: Kolombia vs Venezuela, Hujan Kartu Kuning Warnai Laga yang Berakhir Imbang

Berkaitan dengan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Fadil Imran menyebut Ibu Kota sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

"Sampaikan kepada masyarakat, Jakarta sedang tidak baik-baik saja," kata Irjen Fadil Imran kepada wartawan.

Ia juga menyampaikan, jumlah pasien yang masuk rumah sakit akibat Covid-19 terus meningkat.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x