Waspadai Hujan Deras Disertai Kilat Sepanjang Sabtu, 19 Juni 2021

- 19 Juni 2021, 08:50 WIB
Ilustrasi hujan deras disertai kilat.
Ilustrasi hujan deras disertai kilat. /Pixabay/

GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat Indonesia terkait prakiraan cuaca.

Sepanjang hari ini, Sabtu, 19 Juni 2021, hujan Deras disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, disampaikan sirkulasi siklonik terpantau di Selat Makassar bagian selatan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Kalimantan Selatan dan daerah pertemuan angin (konfluensi) di Sulawesi Utara dan Laut Sulawesi.

Baca Juga: Patung Raksasa di Jepang Dipasangkan Masker dengan Berat 35 kg, Dipercaya Bakal Usir Covid-19!

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Sumatera Barat, di Bengkulu, di Pesisir Selatan Jawa Barat, di Kalimantan Utara.

Lalu dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di NTT bagian Timur, di Kepulauan Aru-Tanimbar dan di Papua Barat.

Daerah konfluensi terpantau di Selat Karimata. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah
konvergensi/konfluensi itu.

Baca Juga: Naas! Berupaya Tabrak Tentara Israel, Perempuan Muda Palestina Malah Ditembak Mati

Berdasarkan kondisi itu, BMKG memperkirakan wilayah yang memiliki potensi hujan disertai angin kencang dan kilat, yakni Aceh, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x