AS: China Terancam Diisolasi Komunitas Internasional Jika Tak Kerja Sama Soal Penyelidikan Asal-usul Corona

- 21 Juni 2021, 13:57 WIB
AS: China Terancam Diisolasi Komunitas Internasional Jika Tak Kerja Sama Soal Penyelidikan Asal-usul Corona
AS: China Terancam Diisolasi Komunitas Internasional Jika Tak Kerja Sama Soal Penyelidikan Asal-usul Corona /Reuters/Aly Song

GALAMEDIA - China mendapat ancaman akan diisolasi di antara komunitas internasional jika negaranya tak mau bekerja sama soal penyelidikan asal-usul Covid-19.

Hal itu disampaikan penasihan keamanan nasional Amerika Serikat Jake Sullivan pada Minggu, 20 Juni 2021.

Dalam keterangannya itu, Sullivan memuji presiden Biden karena sudah mendorong pemimpin negara G-7 untuk menekan China mentransparansi asal mula pandemi.

"Apa yang dilakukan Joe Biden di Eropa minggu dalam pertemuannya dengan G-7 untuk mendukung pernyataan bahwa China harus mengizinkan penyelidikan dilanjutkan di wilayahnya," kata Sullivan dilansir Fox News.

Baca Juga: 6 Pekerjaan Paling Berbahaya di Dunia dengan Gaji Selangit, Salah Satunya Bisa Bikin Cacat Seumur Hidup

"Ini merupakan kerja keras diplomatik, mengumpulkan negara-negara dinia dan memaksakan tekanan politik dan diplomatik pada China," tambahnya.

Sullivan juga menyebutkan jika China tidak ingin bekerja sama mencari asal usul adanya Covid-19 ini negaranya akan menghadapi isolasi di komunitas Internasional.

"Apakah mereka (China) akan mengizinkan, dengan cara yang bertanggung jawab. Caranya, penyelidik melakukan pencarian untuk mencari tahu dari mana asalnya, atau China akan menghadapi isolasi di komunitas internasional," tegasnya.

Baca Juga: 2.300 Mahasiswa Tel-U Ikut Vaksinasi, Rektor: Terus Dilakukan Secara Bertahap

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x