Muncul Covid-19 Varian Baru, Emil Minta Masyarakat Tingkatkan Prokes

- 21 Juni 2021, 18:42 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil /

 

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk meningkatkan penerapan protokoll kesehatan, terlebih dengan hadirnya Covid-19 varian delta di Jawa Barat.

Menurutnya varian baru B1617 yang telah mengakibatkan sistem kesehatan di India memburuk dan kolaps tersebut, terdekteksi menjangkiti pasien Covid-19 di Karawang dan Depok.

Hal tersebut, dipastikan setelah dilakukannya kajian Whole Genome Sequencing (WGS) oleh Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jabar dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Jadi yang paling baru dan paling penting hari ini, adalah varian delta sudah hadir di Jabar. Yakni di Karawang dan Depok berdasarkan kajian genome sequencing yang dilakukan Labkesda dan ITB," ungkapnya pada Rapat Komite Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Gedung Pakuan, Jln. Otista, Kota Bandung, Senin, 21 Juni 2021.

Baca Juga: Ngaku Di-lockdown Anak-anaknya Selama 1,5 Tahun, Megawati Soekarnoputri: Siapa yang Tak Bosan?

Dikatakannya bahwa Covid-19 varian delta lebih cepat menular dibandingkan varian-varian sebelumnya. Sehingga penerapan protokol kesehatan 5M harus ditingkatkan, agar terhindar dari paparan Covid-19 varian delta tersebut.

"Mudah-mudahan, dengan ini kita tingkatkan kewaspadaan kita. Maka mohon disampaikan kepada masyarakat, dengan kehadiran varian delta di Jabar, prokes 5 M harus ditingkatkan lagi," terangnya.

Selain munculnya Covid-19 varian delta di Jabar, Ia juga menuturkan bahwa tingkat keterisian atau Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 di Jabar masih terus mengalami peningkatan. Bahkan berdasarkan data terakhir, BOR rata-rata sudah mencapai 84 persen.

Dalam mengantisipasi semakin menipisnya BOR tersebut, Emil telah menginstruksikan setiap rumah sakit untuk meningkatkan jumlah tempat tidur bagi pasien Covid-19 hingga 30 persen dari total tempat tidur yang tersedia.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x