Cenderung Turun, Dispangtan Kota Bandung Dorong Masyarakat Konsumsi Ikan

- 23 Juni 2021, 16:25 WIB
Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar.
Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar. /Yeni Siti Apriani/Galamedia/


GALAMEDIA - Konsumsi ikan warga Kota Bandung pada tahun 2020 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Karena itulah, Pemkot Bandung melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Bandung terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

Salah satu upayanya dengan peningkatan pengetahuan masyarakat melalui sosialisasi manfaat mengonsumsi ikan dan produk-produk turunannya yang diolah dengan berbahan dasar ikan khususnya kepada siswa dan santri, Rabu, 23 Juni 2021.

Menurut Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, berdasarkan hasil PPH (Pola Pangan Harapan) Dispangtan Kota Bandung pada tahun 2017 konsumsi ikan sebesar 14,99 kg/kapita/tahun, tahun 2018 naik menjadi 15,45 kg/kapita/tahun, tahun 2019 konsumsi ikan mengalami kenaikan menjadi 17,56 kg/kapita/tahun dan pada tahun 2020 tingkat konsumsi ikan menurun menjadi 14,6 kg/kapita/tahun.

Baca Juga: Komisaris BUMN Serang Balik Penuding Erick Thohir Bohong, Kini Bahkan Didukung Maju di Pilpres 2024

"Kalau dilihat dari persediaan ikan di Kota Bandung cukup. Tapi berdasarkan kajian, literasi untuk makanan bergizi kurang, maka tingkat konsumsi berkurang," ungkap Gin Gin usai sosialisasu gemar makan ikan secara virtual, Rabu, 23 Juni 2021.

Dikatakannya, dari sisi ketersediaan atau kecukupan ikan di Kota Bandung sangat cukup, rata-rata 274 ton/hari, sehingga kebutuhan warga bisa terpenuhi.
Meski Kota Bandung bukan daerah prosedur, namun pasokan cukup banyak. Pasokan berasal dari wilayah Jawa Barat seperti Ciamis, Indramayu, kemudian Jawa Tengah dam Lampung.

"Konsumsi masih rendah ini bukan faktor ketersediaan ikan, tapi kemauan masyarakat untuk menjadikan ikan dan susu sebagai menu makan sehari-hari," ungkapnya.

Melihat kenyataan ini, kata Gin Gin, Pemkot Bandung melalui Dispangtan Kota Bandung terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan pengetahuan masyarakat melalui sosialisasi manfaat mengonsumsi ikan dan produk-produk turunannya yang diolah dengan berbahan dasar ikan khususnya kepada para siswa dan santri.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x