China Meradang dan Merasa Terancam, Kapal Perang AS Mendadak 'Kuasai' Selat Taiwan

- 23 Juni 2021, 19:24 WIB
Dokumentasi: Kapal perang Amerika Serikat , Mustin dan Benfold, berlayar melintasi Selat Taiwan, dipandang dapat meningkatkan ketegangan dengan China./ANTARA/Reuters/
Dokumentasi: Kapal perang Amerika Serikat , Mustin dan Benfold, berlayar melintasi Selat Taiwan, dipandang dapat meningkatkan ketegangan dengan China./ANTARA/Reuters/ /

GALAMEDIA - China meradang dan merasa terancam dengan hadirnya kapal perang Amerika Serikat (AS) yang mendadak 'kuasai' Selat Taiwan.

China mengecam AS sebagai "pencipta risiko" keamanan terbesar di kawasan tersebut. Kapal perang AS diketahui kembali berlayar melalui jalur perairan sensitif yang memisahkan Taiwan dari China, yakni Selat Taiwan.

Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak peluru kendali kelas Arleigh Burke USS Curtis Wilbur itu melakukan "transit rutin di Selat Taiwan" pada Selasa, 22 Juni 2021 sesuai dengan hukum internasional.

Baca Juga: Bansos Rp 300 Ribu Juni 2021 Segera Cair, Pastikan Anda Memenuhi 7 Syarat, cekbansos.kemensos.go.id

"Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," demikian pernyataan angkatan laut AS.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China mengatakan pasukan mereka memantau kapal perang AS itu sepanjang perjalanannya dan telah memberikan peringatan.

"Pihak AS sengaja memainkan trik lama yang sama dan menciptakan masalah dan mengganggu hal-hal di Selat Taiwan," katanya, dikutip Antara dari Reuters.

"Ini sepenuhnya menunjukkan bahwa Amerika Serikat adalah pencipta risiko terbesar bagi keamanan regional, dan kami dengan tegas menentang ini," lanjutnya.

Baca Juga: Relawan Jokowi Sebut Puan Maharani Tak Laku, Ganjar Pranowo Tetap Kesulitan Maju di Pilpres 2024

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x