Sulit Dapatkan Ruang Perawatan di RS, Satu Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia

- 23 Juni 2021, 20:35 WIB
Petugas ber-APD lengkap memakamkan jenazah pasien positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut dengan menggunakan prokes beberapa waktu lalu./Agus Somantri/Galamedia
Petugas ber-APD lengkap memakamkan jenazah pasien positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut dengan menggunakan prokes beberapa waktu lalu./Agus Somantri/Galamedia /

GALAMEDIA - Tak bisa mendapat perawatan karena semua rumah sakit sudah penuh, seorang pasien positif Covid-19 asal Cipanas, Kecamatan Targong Kaler, Kabupaten Garut meninggal dunia, Rabu 23 Juni 2021.

Iqbal Gozali (42), salah seorang keluarga pasien mengatakan, sebelumnya saudaranya tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani tes usap atau swab tes. Kemudian ia menjalani isolasi mandiri di rumah.

Namun karena kondisinya tidak kunjung membaik dan sesak, terang Iqbal, pihak keluarga pun memutuskan untuk membawanya ke Puskesmas terdekat.

Namun sayangnya tidak terlayani karena penuh. Kemudian keluarga berupaya mencari rumah sakit lain di wilayah perkotaan.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Demi Keselamatan, Segera Ambil Kesempatan Divaksin, Agama Apapun Tak Menolak!

Lagi-lagi, semua rumah sakit yang didatangi dalam keadaan penuh sehingga pasien pun terpaksa dibawa pulang kembali ke rumah.

"Sebelumnya sudah dibawa ke puskesmas terdekat tapi tidak terlayani karena penuh, disuruh diberi oksigen tapi tidak dikasih oksigennya. Kami cari-cari rumah sakit di perkotaan semuanya sama penuh, padahal kondisi saudara saya sudah kritis," ujarnya, Rabu 23 Juni 2021.

Iqbal pun mengeluhkan atas terlambatnya pelayanan terhadap pasien Covid-19 bergejala berat (komorbid) dengan kondisi sulit bernapas yang seharusnya segera mendapatkan penanganan dan diprioritaskan.

Baca Juga: Dulu Sebut Jokowi Tidak Penting! Kini Membela Habis-habisan, Gus Umar Bongkar Jejak Digital Ali Ngabalin

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x