Pandemi Covid-19, Jumlah Kendaraan Ikuti Uji Kir Turun 20 Persen

- 24 Juni 2021, 18:25 WIB
Seorang petugas sedang melakukan uji kir di gedung UPTD PKB Kota Cimahi Jalan Baros, Kamis, 24 Juni 2021.
Seorang petugas sedang melakukan uji kir di gedung UPTD PKB Kota Cimahi Jalan Baros, Kamis, 24 Juni 2021. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Jumlah kendaraan yang melakukan pengujian kendaraan bermotor (Uji Kir) di Kota Cimahi, selama masa pandemi virus corona (Covid-19) berkurang hingga 20 persen, dibanding sebelum adanya wabah virus corona.

Hal itu dikatakan Kasubag Tata Usaha (TU) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Yacop Sebayang, Kamis, 24 Juni 2021.

"Ya berkurang antara 15 sampai 20 persen dibanding sebelum Covid-19. Setiap hari jumlah kendaraan yang uji kir variatif antara 20 sampai 30 unit kendaraan. Tapi kadang 25 sampai 35 unit kendaraan, kalau di rata-rata antara 25 sampai 30 unit perhari. Kalau sebelum pandemi Covid-19 antara 35 sampai 40 unit perhari," jelasnya.

Menurut Yacop, menurunnya jumlah kendaraan yang uji kir karena faktor ekonomi yang sulit di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pastikan PPKM Berjalan Baik, Bupati Sumedang Blusukan Ke Tiap Kecamatan

Serta adanya mutasi ke luar Kota Cimahi. Meski ada penurunan kendaraan yang uji kir, sambung Yacop, tapi tidak mempengaruhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi uji kir tahun ini.

"Target PAD tahun ini masih tetap Rp 650 juta, sama seperti tahun lalu. Retribusi kita sesuai dengan mobil yang masuk, dan terpakainya jasa pemeriksaan material buku Kir yang terpakai," ungkap Yacop.

Dari target PAD Rp 650 juta, kata Yacop, yang sudah terealisasi hingga Mei 2021 mencapai Rp 256.968.640.

"Kita akan berusaha memenuhi target. Kita pernah libur dua mingguan pada bulan Februari, karena situasi dan kondisi Covid yang saat itu sedang naik. Untuk sekarang walaupun sedang tinggi kasusnya (covid-19), untuk pelayanan masih tetap berjalan. Kebijakan pimpinan seperti itu," bebernya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x