Ridwan Kamil Ancam Proses Hukum Pelaku Industri yang Sembunyikan Kasus Covid-19

- 25 Juni 2021, 10:03 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih, Kabupaten Purwakarta, Kamis 24 Juni 2021.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih, Kabupaten Purwakarta, Kamis 24 Juni 2021. /Pipin/Biro Adpim Jabar/



GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengancam berikan sanksi kepada pengusaha yang tidak melaporkan kasus Covid-19 di lingkungannya.

Hal tersebut ditegaskannya usai meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih, Kabupaten Purwakarta, Kamis (24/6/2021).

"Saya mengimbau, saya akan mengirim surat teguran kepada industri yang beberapa tidak melaporkan," ucapnya.

Ada empat urutan sanksi yang akan diberikan. Pertama adalah berupa teguran lisan, kemudian naik ke teguran tertulis, lalu denda, bahkan bisa hingga diproses secara hukum.

Baca Juga: EURO 2020, Jelang Kontra Belanda, Pemain Ceko Pilih Latihan Menembak Beragam Senjata Api

Tindakan tegas tersebut, katanya, bertujuan untuk mengingatkan para pelaku industri yang enggan melaporkan kasus Covid-19.

"Gara-gara industri tidak melaporkan terjadilah perpindahan kasus dari industri ke rumah tangga, yang disebut klaster rumah tangga," ucapnya.

Ia juga meminta kepada Pemda Kabupaten/Kota di Jabar untuk menginformasikan kepada pelaku industri mengenai pelaporan kasus Covid-19.

Sehingga tidak ada lagi alasan bagi pelaku industri untuk tidak melaporkan kasus Covid-19 di lingkungannya.

Baca Juga: Harga Emas Terbaru Hari Ini Jumat 25 Juni 2021: Antam dan UBS Naik Lagi

"Maka saya mengimbau kepada industri yang ada kasus mohon melaporkan ke Satgas masing-masing. Kalau diangap tidak jelas alurnya, saya titip Ibu Bupati pasang baliho alur bagaimana melaporkan dari industri jadi, tidak ada alasan," tuturnya.

"Saya perintahkan Pak Kapolres untuk segera mengambil tindakan tegas kalau masih ada industri yang tidak melaporkan. Covid-19 itu bukan aib. Dengan transparansi, kita bisa menyelesaikan dengan baik sama-sama," imbuhnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x