Menpora: Persiapan PON XX Papua Berjalan Sesuai Rencana dan Sudah Teralokasi

- 25 Juni 2021, 15:05 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali /Dok. Kemenpora

GALAMEDIA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berjalan sesuai rencana.

Persiapan venue, tempat penginapan, dan transportasi sudah berjalan sesuai rencana dalam penyelenggaraan PON XX Papua

Hal itu ia sampaikan dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema Mengintip Kesiapan PON XX Papua pada Kamis, 24 Juni 2021.

Baca Juga: Link Streaming dan Spoiler Tokyo Revengers Episode 12: Mobil Akkun Meledak, Hina Sekarat

“Persiapan venue, persiapan tempat penginapan, kemudian transportasi dan berbagai hal itu saya kira sudah berjalan," tutur Zainudin Amali yang dikutip Galamedia dari laman Sekretariat Kabinet.

"Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui pendanaan APBN, baik di Kemenpora maupun Kementerian PUPR, Kemkominfo, kemudian Kementerian Perhubungan dan lain-lain, saya kira itu sudah teralokasi,” lanjutnya.

Baca Juga: Blunder! Mahfud MD Disebut Berbohong, Dikoreksi Zulkifli Hasan hingga Disindir Christ Wamea 'Buka Aib Orang'

Menpora mengatakan hal yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota juga sudah siap.

Persiapan tersebut telah dilaporkan secara keseluruhan dalam Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Maret silam, yang juga dihadiri oleh Gubernur Papua.

“Setelah kami memaparkan persiapan, kemudian Bapak Presiden bertanya kepada Gubernur Papua, 'Pak Gubernur bagaimana'. Sangat singkat jawaban Pak Gubernur waktu itu, bahwa Papua siap menyelenggarakan PON 2021,” ungkapnya.

Baca Juga: Hati-hati! 6 Benda Kecil di Rumah Ini Ternyata Berisiko Tularkan Covid-19, Apa Saja?

Selain itu, Zainudin menyampaikan pihaknya juga masih terus berkoordinasi terkait kesiapan di lapangan.

“Kami bahkan dari Kemenpora menempatkan orang di sana secara bergiliran, kita tugaskan untuk memantau di empat klaster tersebut,” tuturnya.

Secara umum, pembangunan fisik dalam rangka persiapan PON XX sudah tidak menjadi kendala, termasuk pengadaan beberapa peralatan cabang olahraga (cabor) yang menjadi tanggung jawab pihaknya.

Baca Juga: Tampil Gemilang! Simak 5 Pencapaian Cristiano Ronaldo di Euro 2020, Nomor 3 dan 4 Bikin Geleng-geleng Kepala!

“Untuk pengadaan peralatan cabor tentunya tidak semuanya ada di Kemenpora, ada juga di provinsi. Kemudian, juga terkait penyelenggaraan, saya yakin akan berjalan sesuai jadwal,” tegasnya.

Selain persiapan fisik, Zainudin juga mengingatkan mengenai penting persiapan PON XX yang bersifat nonfisik.

Ditambahkan Menpora, ‘pemain utama’ dari penyelenggaraan PON ini adalah Panitia Besar (PB) PON yang diketuai Gubernur Papua.

Baca Juga: HRS Tolak Vonis Hingga Putuskan Ajukan Banding, Wakil Ketua MPR: Wajar Saja Menolak, Ada Ketidakadilan!

PB PON memiliki empat klaster, yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika, dan Kabupaten Merauke.

“Tentu ini harus bisa terkoordinasi dengan baik supaya hajatan besar, hajatan olahraga nasional yang menjadi agenda empat tahunan ini bisa berlangsung dengan baik," ujarnya.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x