PSI Wacanakan Kuliah Gratis, Peneliti: Indonesia Belum Punya Imajinasi Cukup untuk Membayangkan

- 27 Juni 2021, 15:55 WIB
Ilustrasi kuliah.
Ilustrasi kuliah. /Eka Maulana/Unsplash/

GALAMEDIA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mewacanakan program kuliah gratis di Indonesia demi menghapus kesenjangan pendidikan di Tanah Air.

Namun peneliti menilai, sampai saat ini kuliah gratis masih belum menjadi atensi masyarakat luas di Indonesia.

Ketua DPP PSI Tsamara Amany mengungkapkan alasan PSI mewacanakan program kuliah gratis.

Hal itu tak lepas dari persentase penduduk Indonesia berusia 14 tahun ke atas yang lulus kuliah hanya 8,5 persen sementara 65 persen lainnya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca Juga: Marak Dugaan Penjualan Foto Selfie Sedang Memegang KTP, Kominfo Langsung Turun Tangan

Harapannya, dengan program kuliah gratis akan lebih banyak lagi lulusan perguruan tinggi yang siap berkompetisi di dunia kerja.

Hal tersebut bertujuan agar kesempatan memperbaiki kualitas hidup lebih terbuka luas. Jika tingkat pendidikan mayoritas masyarakat rendah rentan terjebak dalam perangkap kemiskinan dan gizi buruk.

"Kalau misalnya seseorang itu masuk dan lulus kuliah, dia punya kemampuan mobilitas sosial yang lebih baik," kata mahasiswi program master bidang public policy dan media New York University tersebut, dikutip dari Antara.

Kemudian pendapatan, akses, koneksi akan jadi lebih baik lagi, dan yang paling penting lagi adalah masyarakat mempunyai lintasan karier.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X