Ruangannya Saja Bernilai 5 Triliun, Heboh Terowongan Rahasia Amber Room Tempat Kekayaan Kaisar Rusia

- 30 Juni 2021, 13:00 WIB
GalamediaNews
GalamediaNews /

GALAMEDIA - Terowongan rahasia semasa Perang Dunia II di mana Ruang Amber berada diklaim telah ditemukan di lokasi bekas markas besar tentara Nazi Jerman.

Ruang Amber atau Amber Room diyakini berisi harta tak ternilai yang sengaja disembunyikan orang-orang berpengaruh saat itu, termasuk perhiasan dan emas berlian.

Di luar isinya Amber Room sendiri sangat mewah dan diperkirakan bernilai lebih dari Rp 5 triliun.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 30 Juni 2021: Nana Kian Terpuruk, Bayi dalam Kandungannya Alami Kelainan

Lima pintu masuk menuju sistem koridor bawah tanah menuju Ruang Amber teridentifikasi di tempat yang sekarang masuk teritori timur laut Polandia.

Temuan diyakini sebagai yang terbesar dan berada di hutan seluas 200 hektare.

Bartlomiej Plebanczyk dari Mamerki, salah satu titik penemuan bungker kepada Mail Online mengatakan, “Saat ini, berdasarkan jarak pada pintu masuknya, sepertinya salah satu dari jalinan terowongan ini memiliki panjang 50 meter, tetapi bisa lebih panjang.”

Baca Juga: Curi Perhatian EURO 2020, Tampil Berdasi di Laga Inggris vs Jerman Pangeran George Jadi Sasaran Haters

Ia menambahkan beberapa jalur dipadatkan oleh tanah. “Mungkin untuk menyembunyikannya, jadi kita harus membuang banyak material sebelum dapat melihat apa yang ada di dalamnya,” tuturnya.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, beberapa waktu lalu, Ruang Amber dibangun untuk Tsar Rusia Peter The Great pada tahun 1700-an.

Kamar rahasia ini dipenuhi amber, emas, dan permata berharga. Namun semua hilang dicuri Nazi dan lenyap secara misterius di akhir Perang Dunia II.

Baca Juga: Duh! Ternyata Indonesia Punya Utang pada 10 Negara Ini, Mulai dari Singapura, AS Hingga China

Berisi 450 kg amber, Rusia mencoba menyembunyikan ruangan besar itu dengan menutupinya dengan wallpaper, tetapi rencana tersebut gagal.

Benda-benda berharga itu diangkut Jerman dengan kereta api ke Kastil Koenigsberg, yang saat itu bernama Prusia Timur.

Kastil tersebut ditemukan di Kota Kaliningrad tapi menghilang pada Januari 1945, setelah serangan udara dan serangan darat membabi-buta.

Baca Juga: Sebut Respons Jokowi Soal Kritik BEM UI Tak Sentuh Substansi, Politisi Demokrat: Malah Peringatkan Soal Etika

Selama beberapa dekade, para pemburu Amber Room menjelajahi Eropa demi harta karun yang hilang tetapi tidak ada yang berhasil.

Awal bulan ini, demam Amber Room muncul kembali ketika penyelam di Kota Gdansk Polandia mengungkap mereka akan mulai mencari bangkai kapal Perang Dunia II di dasar Laut Baltik.

Ditemukan pada bulan September tahun lalu, bangkai kapal tadi diidentifikasi sebagai kapal uap Jerman Karlsruhe yang ditenggelamkan HMS Truant Angkatan Laut Kerajaan pada tahun 1945.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka Hari Ini, Simak Jadwal Seleksi dan Syarat Umumnya di Sini

Menurut dokumen kargo resmi kapal, ada 360 ton barang di dalamnya ketika kapal digunakan untuk mengevakuasi orang Jerman dalam Operasi Hannibal dari kota yang saat itu bernama Koenigsberg.

Kompleks bungker Nazi yang menjadi fokus pencarian terakhir adalah markas Oberkommando des Heeres, Komando Tinggi Angkatan Darat Nazi.

Lokasinya tak jauh dari markas militer Front Timur pertama Hitler, Wolf's Lair termasuk Mamerki HQ dengan sekitar 1.500 tentara, termasuk jenderal dan perwira, yang ditempatkan di sana.

Baca Juga: Sebut Jokowi Bapak Presiden Orde Paling Baru, BEM UGM Ingatkan 5 Pesan Jokowi Saat Kampanye

Sebelumnya, Plebanczyk mengatakan Mamerki adalah tempat yang logis untuk mencari Ruang Amber karena untuk mengangkut isi Amber Room dari Koenigsberg, pihak Jerman harus melewatinya. “Tempat ini sempurna karena dijaga ketat.”

Tapi, pencarian sebelumnya di bekas markas militer ini gagal menemukan harta karun. Pejabat museum kini yakin pencarian lebih lanjut akan mengarah pada penemuan yang sesungguhnya.

Plebanczyk mengatakan, “Terowongan itu bagian dari sistem koridor bawah tanah yang sampai sekarang tidak diketahui dan membutuhkan penetrasi yang hati-hati.”

Baca Juga: Tenggelam di Perairan Selat Bali, Berikut Profil Kapal Ferry KMP Yunicee

“Ini mungkin tempat yang ideal untuk menyembunyikan harta karun. Apakah itu akan mengarah ke Amber Chamber? Sejauh ini tidak ada yang kemungkinan bisa dikesampingkan.”

Eksplorasi kompleks terowongan direncanakan pada paruh kedua pertengahan tahun ini. Amber Room sendiri lebih dari sekadar mitos.

Ruang Amber awalnya lemari kabinet berwarna keemasan, hadiah Friedrich-Wilhelm I dari Prusia kepada Peter The Great, yang mengaguminya saat berkunjung ke kastilnya tahun 1716.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x