China Rayakan 100 Tahun Partai Komunis di Lapangan Tiananmen

- 1 Juli 2021, 09:11 WIB
China merayakan 100 tahun Partai Komunis di Lapangan Tiananmen Beijing, China 1 Juli 2021.
China merayakan 100 tahun Partai Komunis di Lapangan Tiananmen Beijing, China 1 Juli 2021. /REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/REUTERS

GALAMEDIA - China merayakan 100 tahun berdirinya Partai Komunis yang berkuasa di Lapangan Tiananmen Beijing, Kamis 1 Juli 2021.

Presiden Xi Jinping, pemimpin paling kuat China sejak Mao Zedong berpidato di perayaan tersebut. Puluhan ribu orang hadir pada acara tersebut.

Xi dan partainya naik pamor ketika China pulih dengan cepat dari wabah Covid-19 dan mengambil sikap yang lebih tegas di panggung global.

Meskipun Beijing juga menghadapi kritik atas tindakannya di Hong Kong dan Xinjiang, dan menentang pandangan demografis yang memburuk.

Baca Juga: Geram dengan Jokowi, Tagar #Jokowi7TahunCukuplah Trending: Jangan Pernah Memberi Harapan

Partai Komunis China, yang berkuasa pada tahun 1949 di bawah Mao.

Awalnya merekrut petani dan pekerja, tetapi telah berkembang untuk merangkul pasar dan kewirausahaan di bawah "sosialisme dengan karakteristik China" sambil mempertahankan model otoritarianisme Leninis.

Jumlah keanggotaan partai membengkak sebanyak  2,43 juta pada 2020, kenaikan tahunan terbesar sejak Xi menjadi presiden pada 2013, menjadi 95,15 juta anggota.

Sebelumnya, Xi memimpin pertunjukan teater di Stadion Nasional "Sarang Burung" dalam sebuah pertunjukan yang dihadiri oleh ribuan orang dan media pemerintah mendeskripsikan sebagai "epik".

Baca Juga: UP DATE Harga Emas Hari Ini, 1 Juli 2021: Emas Antam dan UBS Turun Besar

Di akhir pertunjukan, penonton bangkit untuk menyanyikan sebuah lagu, "Tanpa Partai Komunis, Tidak Akan Ada China Baru."***

Editor: Brilliant Awal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x