Untuk Memenuhi Kebutuhan Warga, Dapur Umum Akan Dibuat di RT-RT yang Masuk Zona Merah di Kabupaten Bandung

- 4 Juli 2021, 11:30 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna.
Bupati Bandung Dadang Supriatna. /Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bandung/

GALAMEDIA - Bagi RT di Kabupaten Bandung yang masuk zona merah karena banyaknya warga yang terpapat Covid-19, Bupati Bandung, Dadang Supriatna menegaskan akan membentuk dapur umum.

Untuk dapur umum ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial.

“Dapur umum ini nanti akan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan warga yang tengah menjalankan isolasi mandiri,” ucap Bupati Dadang Supriatna.

Lebih lanjut Dadang menuturkan, upaya penanganan covid-19, Pemkab Bandung juga melakukannya dari segi sisi anggaran. Dimana ia sudah menyiapkan sekitar 80 miliar, dari pergeseran belanja pegawai akhir tahun.

Baca Juga: Doni Salmanan Dari Tukang Jahit, Tukang Parkir, Hingga Berdonasi Rp1 Miliar

Anggaran tersebut akan digunakan secara efektif, dengan mempertimbangkan kebutuhan prioritas.

Sementara terkait vaksinasi, dari jumlah total penduduk sebanyak 3,6 juta jiwa, 80% atau sekitar 2,8 juta jiwa wajib vaksin hingga Desember 2021, atau dibutuhkan 5,6 juta vaksin.

Jika dibagi menjadi 6 bulan, maka idealnya dilakukan sekitar 800 ribu vaksin per bulan, atau sekitar 40 ribuan vaksin per hari (20 hari efektif). Pemkab Bandung bekerjasama dengan TNI/Polri, baru dapat melaksanakan sekitar 120.000 vaksin per bulan.

“Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan, per hari kita baru mampu 7 ribu vaksin. Untuk bisa mengejar 40 ribuan vaksin per hari, kira-kira skenarionya seperti apa. Dari aspek tenaga vaksinator, kita juga butuh relawan karena saat ini kekurangan nakes (tenaga kesehatan)," katanya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x