Heboh Puluhan TKA China Masuk Indonesia, Kapolri Keluarkan Pernyataan Soal PPKM Darurat: Memang Tak Nyaman

- 4 Juli 2021, 17:47 WIB
Kapolri Jendral Listiyo Sigit Prabowo memerintahkan adanya penyekatan selama pelaksanaan PPKM Darurat, 3-20 Juli 2021.
Kapolri Jendral Listiyo Sigit Prabowo memerintahkan adanya penyekatan selama pelaksanaan PPKM Darurat, 3-20 Juli 2021. /Div Hum Polri

 

GALAMEDIA - Di tengah 'memanasnya' kabar kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal China ke tanah air, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan pernyataannya soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Kapolri mengakui masyarakat sedikit tidak nyaman dengan PPKM Darurat. Namun hal itu dilakukan semata-mata untuk menjaga keselamatan rakyat dari penyebaran Covid-19 yang tinggi akhir-akhir ini.

"Dengan semakin tingginya kasus Covid-19 maka dilakukan pembatasan pergerakan orang. Memang tidak nyaman tapi ini semua untuk menjaga keselamatan rakyat sebagai hukum yang tertinggi," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 4 Juli 2021.

Sejak PPKM Darurat Jawa-Bali diberlakukan kemarin, Kapolri dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkeliling meninjau penerapannya di sejumlah lokasi di DKI Jakarta, seperti Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.

Baca Juga: Duka Menyelimuti Keluarga Besar Muhammadiyah, Ketua Umum Haedar Nashir Berduka atas Wafatnya Prof. Baedhowi

Di sela-sela tinjauan PPKM darurat di Bekasi, Sigit mengatakan upaya membatasi kegiatan masyarakat harus dilakukan pemerintah demi mengurangi lonjakan kasus pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Berdasarkan data, penambahkan sebanyak 27.913 kasus baru Covid-19 pada Sabtu, 3 Juli. Adanya penambahan itu jumlah kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 2.256.851 orang, terhitung sejak diumumkan pada 2 Maret 2020.

"Karena itu masyarakat harus tetap di rumah," ujar Kapolri.

Disebutkan, pengetatan aktivitas masyarakat lewat PPKM darurat harus dibarengi dengan pelaksanaan vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok atau 'herd imunitty'.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x