Suhu Terasa Lebih Dingin, Ternyata Bumi Sedang Alami Fenomena Aphilion, Apa Itu?

- 6 Juli 2021, 09:09 WIB
Ilustrasi Suhu Dingin
Ilustrasi Suhu Dingin /PIXABAY/

GALAMEDIA - Tepat hari ini 6 Juli 2021, bumi sedang mengalami fenomena antariksa bernama Aphelion. Hal tersebut diungkapkan oleh Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan).

Lapan menyebutkan fenomena Aphelion ini merupakan fenomena ketika bumi berada di titik terjauh dari matahari. Hal ini terjadi di setiap tahunnya. Pada tahun ini, fenomena Aphelion terjadi pukul 05.27 WIB atau 06.27 WITA atau 07.27 WIT.

Dikutip Galamedia dari Lapan, secara umum fenomena ini tak memberikan dampak yang signifikan pada bumi melainkan akan terjadi penurunan suhu di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Tindak Lanjut PPKM Darurat Covid-19, Unpad Terapkan WFH Penuh bagi Dosen dan Tendik

"Posisi matahari saat ini berada di belahan Utara, maka tekanan udara di belahan udara lebih rendah dibanding belahan selatan yang mengalami musim dingin," kata Lapan.

Oleh karena itu, penurunan suhu dirasakan di pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang terletak di Selatan Khatulstiwa. Kendati demikian sinar matahari tak mempengaruhi panas yang diterima bumi.

Baca Juga: Tadarus Pagi: Alquran Surat At Tin, Berikut Tafsir, Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahnya

"Mengingat saat ini angin bertiup dari arah selatan yang musim dingin, maka kita akan merasakan suhu yang lebih dingin," ujarnya. Lapan menyebutkan suhu dingin di pagi hari yang terjadi belakangan ini akan berlangsung hingga Agustus.***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x