Jakarta dan Jabar Cerah Berawan, BMKG Ingatkan Warga Tetap Berada di Rumah, Ini Dia Alasannya

- 7 Juli 2021, 07:43 WIB
Prakiraan Cuaca Bandung Rabu 7 Juli 2021 Cerah Berawan, Nikmati Kehangatan Matahari
Prakiraan Cuaca Bandung Rabu 7 Juli 2021 Cerah Berawan, Nikmati Kehangatan Matahari /DOK. PRFM

GALAMEDIA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menprediksi wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat cenderung cerah berawan sejak pagi hingga malam hari.

Kendati demikian, warga diimbau tetap berada di dalam rumah. Pasalnya, kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat masih tinggi.

Selain itu, pemerintah juga masih melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Selain DKI Jakarta dan Jabar, BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang dapat terjadi di sejumlah provinsi lainnya.

Baca Juga: Siap-siap! BLT UMKM Rp1,2 Juta Segera Cair Juli 2021, Cek Syarat dan Cara Daftar Lengkap di Sini

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang melingkupi Bali, Gorontalo, Jambi.

Kemudian Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, NTB, Papua, Papua Barat.

Lalu di Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan.

BMKG juga meminta masyarakat di Aceh untuk waspada potensi angin kencang di wilayah Sabang, Banda Aceh, Aceh Jaya dan Pantai Barat Aceh.

Baca Juga: Alquran Surat Ad Dhuha, Ini Dia Asbabun Nuzul, Arab, Latin, dan Terjemahnya, Yuk Perbanyak Tadarusnya

BMKG juga mengeluarkan peringatan diri gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia akibat adanya sistem tekanan rendah (1007hPa) di Samudera Hindia bagian barat Sumatera.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5 sampai 25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 sampai 25 knot.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x