Herd Immunity Kota Bandung Ditarget Tercapai dalam Dua Bulan ke Depan

- 7 Juli 2021, 20:48 WIB
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Pasar Sae Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Bandung Rabu 7 Juli 2021./Humas Pemkot Bandung
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Pasar Sae Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Bandung Rabu 7 Juli 2021./Humas Pemkot Bandung /

GALAMEDIA - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana optimis Kota Bandung dapat membentuk kekebalan kelompok atau Herd immunity melalui vaksinasi dalam dua bulan ke depan.

Apalagi saat ini Kota Bandung telah memiliki 1.000 vaksinator yang dapat memvaksin sebanyak 50.000 per hari.

"Dari total 1.000 orang vaksinator, jika diperhitungkan, satu orang vaksinator dapat menyuntik vaksin sebanyak 50 orang per hari maka setidaknya kita bisa memberikan vaksin sebanyak 50 ribu per hari," terang Yana.

Ia menyampaikan hal itu saat meninjau vaksinasi di Pasar Sae Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Bandung Rabu 7 Juli 2021.

Baca Juga: Terpapar Covid-19, Kepala Surveilans dan Riset Bio Farma Novilia Sjafri Bachtiar Meninggal Dunia

Yana memperhitungkan apabila vaksin sudah tersedia, maka tidak menutup kemungkinan dalam jangka waktu dua bulan target 70 persen bisa tercapai di Kota Bandung.

"Asalkan vaksinnya tersedia, untuk vaksin dosis satu kita hanya membutuhkan waktu 24 hari dan 30 hari untuk dosis tahap kedua," tuturnya.

"Mudah-mudahan dengan 70 persen penduduk yang divaksin bisa membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok, sehingga bisa melindungi orang yang tidak bisa divaksin," harapnya.

Yana menjelaskan dari jumlah penduduk Kota Bandung sebanyak 2,5 juta jiwa, ditargetkan sekitar 1,8 juta warga kota bandung yang harus mendapatkan vaksinasi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x