Presiden Jovenel Moise Ditembak Mati Kelompok Bersenjata di Tengah Ketegangan Politik Negara Haiti

- 8 Juli 2021, 10:19 WIB
Presiden Haiti Jovenel Moïse.*
Presiden Haiti Jovenel Moïse.* /Twitter /@moisejovenel

GALAMEDIA - Presiden Haiti, Jovenel Moise dikabarkan meninggal dunia usai ditembak mati oleh orang-orang bersenjata. Penembakan tersebut terjadi di kediaman pribadinya pada Rabu, 7 Juli 2021 malam.

Pembunuhan itu kemudian mendapat kecaman dari Washington dan negara-negara tetangga Amerika Latin. Hal itu terjadi di tengah kerusuhan politik hingga terjadi gelombang kekerasan geng dan krisis kemanusiaan yang berkembang di negara termiskin di Amerika itu.

Pemerintah mengumumkan keadaan darurat selama dua minggu untuk membantu memburu para pembunuh yang oleh duta besar Haiti untuk Amerika Serikat, Bocchit Edmond.

Baca Juga: Presiden Jokowi 'Tersangka' dalam Pandemi Covid-19, Andi Arief Bagikan Contoh Permintaan Maaf

Orang-orang bersenjata itu berbicara bahasa Inggris dan Spanyol. Sedangkan menurut Perdana Menteri sementara Claude Joseph, mayoritas masyarakat Haiti berbicara bahasa Prancis atau Kreol Haiti.

"Pukulan ini telah melukai negara ini, bangsa ini, tetapi tidak akan dibiarkan begitu saja," ujar Joseph dilansir Reuters Kamis 8 Juli 2021.

Haiti merupakan sebuah negara berpenduduk sekitar 11 juta orang, telah berjuang untuk mencapai stabilitas sejak jatuhnya kediktatoran dinasti Duvalier pada tahun 1986, dan telah bergulat dengan serangkaian kudeta dan intervensi asing.

Baca Juga: Nia Ramadhani dan Ardi Diduga Tersandung Kasus Narkoba, Instagram Aburizal Bakrie Ikut Diserang

Istri presiden, Martine Moise, juga tertembak dalam serangan itu, yang terjadi sekitar pukul 01:00 waktu setempat (0500 GMT) di rumah pasangan itu di perbukitan di atas Port-au-Prince. Dia dalam kondisi kritis dan tiba di Florida pada Rabu malam untuk perawatan, menurut stasiun televisi lokal AS.

Edmond mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa orang-orang bersenjata itu menyamar sebagai agen Administrasi Penegakan Narkoba AS (DEA) ketika mereka memasuki kediaman Moise.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x