Hati-hati! Dokter Ini Tegaskan jika Ivermectin Bukanlah Obat Covid-19, Melainkan Obat untuk Cacing Parasit Lho

- 8 Juli 2021, 12:30 WIB
Harga Obat Ivermectin paling mahal dari obat cacing lainnya.
Harga Obat Ivermectin paling mahal dari obat cacing lainnya. /Foto: Instagaram/@indofarma.id/

 

GALAMEDIA - Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan salah satu obat covid-19 yaitu ivermectin yang dipercaya dapat menyembuhkan covid-19. Menanggapi hal tersebut, melalui akun Instagram pribadinya @dr.tirta memberi penjelasan terkait ivermectin.

Dalam unggahannya, dokter sekaligus influencer tersebut justru mengatakan Ivermectin bukan obat Covid-19. Untuk itu dokter Tirta menilai bahwa berdasarkan beberapa referensi jurnal di dunia Ivermectin tidak direkomendasikan sebagai obat Covid-19.

“Tidak direkomendasikan sebagai obat Covid tapi hanya sebagai uji klinis. It means membutuhkan penelitian lebih lanjut,” kata dr. Tirta dilansir Galamedia dari akun Instagram @dr.tirta pada Kamis, 8 Juli 2021.

Baca Juga: Tak Bepergian, Sherina Munaf Positif Covid-19: Please Jangan Kendor, Gue Nggak Kemana-mana Aja Kena

Tidak berhenti disitu, dokter Tirta juga turut menyoroti perihal para pejabat yang menyatakan jika Ivermectin adalah obat Covid-19. "Jika ada pejabat yang mengatakan bahwa ivermectin adalah obat itu harus di revisi ulang," ujarnya

"Karena kejadiannya beberapa peneliti di dunia itu masih menstatmenkan bahwa ivermectin adalah obat untuk cacing parasit yang perlu di uji klinis lebih lanjut," tambahnya.

Adapun jika ada pasien Covid-19 yang sembuh karena Ivermectin itu hanya untuk mengurangi aktivitas virus dan gejala karena tidak ada obat yang membunuh virus.

Baca Juga: Simak 4 Kontroversi Nia Ramadhani yang Menggemparkan, Salah Satunya Memakai Narkoba

Lantaran banyak beredar bahwa ivermectin merupakan obat covid-19, dokter Tirta meminta masyarakat untuk mencari informasi yang tepat.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x