Ribuan Kader PKK Kota Cimahi Jadi Relawan Tracer, Ngatiyana Sampaikan Ucapan Terima Kasih

- 12 Juli 2021, 19:56 WIB
Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana dalam  kegiatan Rapat Pemantauan dan Pengendalian Covid-19 secara virtual di ruang Rapat Wali Kota di Kompleks perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Senin (12/7).
Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana dalam kegiatan Rapat Pemantauan dan Pengendalian Covid-19 secara virtual di ruang Rapat Wali Kota di Kompleks perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Senin (12/7). /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Ribuan kader PKK Kota Cimahi terdaftar sebagai relawan tracer, yang bertugas melacak kontak erat pasien positif Covid-19.

Hasil pelacakan tersebut kemudian dilaporkan ke Satgas Kelurahan masing-masing.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua TP PKK Kota Cimahi, Midjiyatiningsih dalam kegiatan Rapat Pemantauan dan Pengendalian Covid-19 secara virtual, Senin, 12 Juli 2021.

 Kegiatan tersebut juga dihadiri Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana di ruang Rapat Wali Kota di Kompleks perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.

Midjiyatiningsih mengatakan, sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada acara Hari Kesatuan Gerak PKK dan pembukaan Rakerda Tim Penggerak PKK Propinsi Jawa Barat, bahwa harus ada relawan tracer minimal 1 orang di tiap RT, dimana relawan tracer ini akan melakukan pelacakan kontak, dengan tujuan untuk memutus mata rantai penularan.

Baca Juga: UAS Akui Pernah Sakit Hingga Kepalanya Seperti Ditusuk-ditusuk, Budiman Sudjatmiko: Itu Bukan Kutukan!

"Relawan tracer dapat berasal dari petugas kesehatan maupun masyarakat seperti kader PKK, kader Posyandu, Karang Taruna, Linmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan relawan lainnya di level RT, yang kemudian mendapatkan pelatihan yang tentunya disesuaikan dengan ketersediaan sarana prasarana yang ada," katanya.

Hal penting yang harus diperhatikan relawan tracer, diutamakan orang yang sehat dan tidak memiliki penyakit penyerta dengan usia maksimal 50 tahun.

"Relawan tracer ini menjadi bagian dari tim covid di tingkat kelurahan bersama-sama dengan puskesmas. Dimana puskesmas menjadi koordinator pelacakan kontak," ujar Midjiyatiningsih

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x