Agustus hingga September, Kasus Covid-19 Diprediksi Mulai Turun, Pakar: Enggak Mungkin Hari Ini atau Besok

- 14 Juli 2021, 11:10 WIB
Petugas membawa jenazah Covid-19 di TPU Cikadut, Kota Bandung
Petugas membawa jenazah Covid-19 di TPU Cikadut, Kota Bandung /Humas Setda Kota Bandung/

GALAMEDIA - Sampai awal bulan Juli 2021, kasus Covid-19 di Indonesia masih terus melonjak. Bahkan pertambahan kasus baru per hari pada Selasa, 13 Juli 2021 sudah lebih dari 47 ribu.

Pakar anggota tim peneliti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKUI), Muhammad N Farid mengeluarkan prediksi terbarunya terkait kasus Covid-19.

Menurut dia kasus positif Covid-19 akan mulai turun pada Agustus-September mendatang setelah pada Juni-Juli ini naik signifikan.

"Jadi penurunan di Februari dan kenaikan di Juni kita buat skenarionya. Seandainya kenaikan di Juni ini terus terjadi, artinya PPKM Darurat tidak terlalu mengubah perilaku masyarakat," katanya.

Baca Juga: Pevita Pearce Pose Pakai Kebaya, Ini Komentar Kocak Netizen: PPKM, Pevita Pearce Kamu Memesona!

"Maka kira-kira masih naik terus sampai mungkin lebih dari 25 ribu sampai 30 ribu sehari di Jakarta," kata Farid dalam diskusi daring, Selasa 13 Juli 2021.

Berdasarkan data yang diambil dari awal PPKM Darurat Jakarta hingga 12 Juli kemarin, Farid memperkirakan bahwa angka kasus masih akan naik dan baru akan menurun pada bulan Agustus-September 2021.

"Kalau misal diharapkan hari ini atau besok sudah mulai turun, kelihatannya nggak mungkin. Masih perlu naik dulu kemudian baru akan turun. Karena ini perlu waktu untuk merubah perilaku. Sebab perilaku di masyarakat belum terlihat sampai saat ini," jelasnya, dikutip dari Antara, Rabu, 14 Juli 2021.

Berdasarkan survei FKM UI, Lembaga Eijkman, CDC Indonesia, dan Pemprov DKI Jakarta belum lama ini, menurut Farid, pada bulan Juni peningkatan kasus terjadi sangat drastis terutama di wilayah Jakarta.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x