Soal Sholat Idul Adha di Kota Bandung, MUI Minta Masyarakat Tak Risau! Simak Penjelasannya

- 15 Juli 2021, 20:38 WIB
Ilustrasi Sholat Idul Adha.
Ilustrasi Sholat Idul Adha. /FREEPIK/rawpixel

 

GALAMEDIA - Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung Maftuh Kholil meminta umat muslim tidak risau terhadap penyesuaian tata cara pelaksanaan Hari Raya Iduladha 2021. Dari sudut pandang agama tak mengurangi keutamannya.

Pada acara Bandung Menjawab yang berlangsung secara virtual, Kamis, 15 Juli 2021, Maftuh menuturkan, pedoman pelaksanaan ibadah yang dianjurkan pemerintah merupakan ikhtiar melawan pandemi Covid-19 di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Ibadah masih afdal dengan tetap mengikuti ketentuan tersebut.

Maftuh berharap umat muslim tetap bisa menjalankan ibadah sekalipun kini masjid dan musala tengah dibatasi penggunaannya. Sebab, pelaksanaan Iduladha tetap bisa berlangsung tanpa memandang tempat.

Baca Juga: Bikin Luhut 'Tak Berkutik' Soal Corona Terkendali, Susi Pudjiastuti Dapat Dukungan Ribuan Warganet

“Dari lima rukun Islam yang disyaratkan atau ditentukan tempatnya hanya ibadah haji, yaitu harus ke Makkah. Yang lainnya kita harus selalu beribadah di manapun dan tidak ditentutan di satu titik,” ucapnya.

Maftuh menuturkan, salat Iduladha tergolong salat sunah. Keutamaan sunahnya masih di bawah salat sunah Tahajud dan Witir.

“Hanya saja salat Iduladha dianjurkan dan dilaksanakan satu tahun sekali. Barangkali ini yang menjadi keberatan umat muslim tidak bisa dilaksanakan secara berjemaah,” ujarnya.

Maftuh kembali menegaskan, salat Iduladha ini sunah dan sifatnya dianjurkan untuk berjamaah, bukan diwajibkan. Sehingga, tidak terlalu krusial apabila kini salat berjemaah di masjid atau lapangan ditiadakan sementara waktu.

Baca Juga: Sinovac Tak Lagi Dipakai untuk Vaksinasi Nasional, Malaysia: Mereka Akan Menerima Pfizer

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x