Gempa 6,8 SR Goyang Pangandaran hingga Yogyakarta, Picu Tsunami dan Tewaskan Ratusan Jiwa pada 17 Juli 2006

- 17 Juli 2021, 08:10 WIB
Ilustrasi Tsunami - Gempa bumi 6,8 SR pada 2006 memicu tsunami dan mengantam Pangandaran serta pesisir selatan Jawa.
Ilustrasi Tsunami - Gempa bumi 6,8 SR pada 2006 memicu tsunami dan mengantam Pangandaran serta pesisir selatan Jawa. /Unsplash/Todd Turne

GALAMEDIA - Hari ini pada tahun 2006 lalu, sebuah peristiwa besar terjadi di Indonesia. Gempa Bumi Jawa berkekuatan 6,8 Skala Richter mengguncang wilayah selatan Jawa.

Gempa bumi itu terjadi pukul 15.19 WIB. Pusat gempa berada di Samudera Hindia lepas pantai Jawa Barat, berjarak sekitar 225 Km Barat Daya Kabupaten Pangandaran.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan masyarakat di sebagian besar pulau Jawa.

Guncangan terkuat berada di pesisir Jawa Barat dan Jawa Tengah seperti Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cianjur selatan dan Kabupaten Cilacap berupa guncangan IV-V MMI.

Baca Juga: Bom Guncang Mega Kuningan Jakarta, Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton Jadi Sasaran, 9 Tewas pada 17 Juli 2009

Kemudian III-IV MMI di Kota Bandung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kebumen, Banten, Jakarta, Yogyakarta daan II-III MMI di Jawa Timur.

Di Jakarta, guncangan berlangsung selama lebih dari satu menit dan membuat gedung-gedung tinggi bergoyang-goyang.

Dikutip dari wikipedia, gempa itu dipicu pergerakan vertikal (dip-slip) kerak bumi pada dua lempeng benua Indo-Australia dan Eurasia pada kedalaman kurang dari 30 km.

Baca Juga: Mirip Jokowi di Sunter, Kapolri Blusukan Malam-malam Bagikan Sembako di Kota Solo

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x