China Dorong Palestina Segera Jadi Negara Merdeka, Mesir dan Liga Arab Nyatakan Kesepakatannya

- 19 Juli 2021, 18:24 WIB
Menlu China Wang Yi.
Menlu China Wang Yi. /Reuters/Shubing Wang

 

GALAMEDIA - China mendorong agar Palestina segera menjadi negara merdeka sehingga bisa tercipta perdamaian di Timur Tengah.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi saat mengadakan pertemuan dengan Menlu Mesir, Sameh Shoukry, dan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, secara terpisah di Kota El Alamein, Mesir.

“Ini adalah solusi praktis atas isu bangsa Palestina,” tegas Wang Yi dikutip GALAMEDIA, Senin, 19 Juli 2021.

“Pendirian negara Palestina yang merdeka tidak boleh terus ditunda tanpa batas waktu yang jelas, dan hak-hak legal bangsa Arab tidak boleh diabaikan dalam periode yang lama,” lanjutnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Ngaku Tak Tega Jika PPKM Darurat Diperpanjang: Harus Ada Cara-cara yang Lebih Soft

Dalam situs Kemlu China disebutkan, Solusi Dua Negara (Two-State Solution) adalah solusi yang mendorong perwujudan eksistensi kedua negara, yaitu Palestina dan Israel yang damai; perwujudan kehidupan secara berdampingan yang penuh harmoni antara negara Arab dan Yahudi; serta keberlangsungan perdamaian abadi di Timur Tengah.

Wang Yi mengatakan, Otoritas Nasional Palestina (PNA) juga harus diberikan kuasa sebagai badan yang resmi memerintah berbagai bidang, termasuk bidang keamanan nasional dan keuangan.

Ia juga memberikan dukungan kepada Palestina dan Israel untuk memulai kembali diskusi Solusi Dua Negara yang komprehensif, bertahan lama, dan adil.

Dalam pertemuan tersebut, Wang Yi turut menawarkan kepada Palestina dan Israel untuk melakukan negosiasi tersebut di China.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x