Idul Adha 2021, Singapura Terapkan Vaksin Sebagai Syarat Mutlak Bagi yang Shalat di Masjid

- 20 Juli 2021, 10:32 WIB
Shalat Idul Adha Bupati Kebumen di rumah dinas.
Shalat Idul Adha Bupati Kebumen di rumah dinas. /Kominfo Kebumen/



GALAMEDIA - Singapura memiliki syarat mutlak bagi umat muslim yang ingin melaksanakan shalat Idul Adha, yaitu harus sudah divaksin.

Walaupun demikian, Otoritas Singapura tetap membatasi jumlah jemaah yang hadir untuk mencegah penyebaran Covid-19 di negerinya.

Majelis Agama Islam Singapura (MUIS) mengatakan, sebanyak 19 masjid akan menyediakan lebih dari 100 ruang bagi jemaah yang telah divaksinasi penuh.

“Shalat berjamaah harus dilakukan di zona aman yang dibatasi di masjid-masjid dengan jamaah yang sudah booking terlebih dahulu," ujar MUIS dikutip Galamedia dari laman NU.

Baca Juga: Memanas, Ruhut Sitompul Unggah Ucapan Selamat Idul Adha Moeldoko Sebagai Ketum Demokrat

MUIS pun mengatakan alternatif lain bagi yang ingin melaksanakan shalat  Idul Adha yaitu bisa dilaksanakan di rumah masing-masing.

"Alternatifnya, bisa juga salat berjamaah di rumah bersama anggota keluarga,” lanjutnya.

Selain itu, MUIS sudah menambahkan rangkaian shalat Hari Raya Idul Adha dan khotbah Idul Adha di SalamSG TV dan ditayangkan secara live.

Hal itu dilakukan bagi mereka yang tidak mampu memesan slot shalat Hari Raya di masjid tetapi masih bisa menikmati khotbah yang sama dengan mereka yang shalat di masjid.

Baca Juga: Tingkatkan Standar Pelayanan, KPP Cibeunying Gelar Public Hearing

Kemudian, MUIS juga telah menyediakan sumber-sumber keagamaan di website www.muslim.sg bagi mereka yang melaksanakan salat Hari Raya di rumah bersama keluarga.

MUIS meminta warga untuk menghindari berjabat tangan dan sebagai gantinya cukup meletakkan tangan mereka dekat dengan hati sebagai tanda salam.

MUIS pun tetap mengingatkan umat muslim untuk tetap memakai masker ketika berkunjung ke rumah kerabat dan teman.

“Tetap pakai masker saat mengunjungi kerabat dan teman di rumah,” tulis MUIS.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Selasa 20 Juli 2021 Bertepatan dengan Idul Adha: Antam Naik, UBS Turun

Sementara, Singapura kembali mencatat peningkatan 92 kasus pada Senin yang berasal dari klaster komunitas, membawa negara itu mencatat total infeksi menjadi lebih dari 63.000.

Sekitar 73 persen dari 5,7 juta penduduk Singapura telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19.

Namun, pemerintah mendorong agar lebih banyak lansia yang divaksinasi, karena mereka yang berusia di atas 70 tahun memiliki tingkat vaksinasi terendah sekitar 71 persen.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x