Jangan Luhut Lagi! Presiden Harus Pimpin Langsung Jika PPKM Darurat Diperpanjang

- 20 Juli 2021, 16:19 WIB
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) diminta memimpin langsung jika PPKM Darurat diperpanjang.
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) diminta memimpin langsung jika PPKM Darurat diperpanjang. /Tangkapan Layar Youtube Setkab RI

GALAMEDIA - Pemerintah dalam waktu dekat akan memutuskan nasib pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali.

Jika benar diperpanjang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus turun langsung memimpin, jangan lagi mendelegasikan ke pembantunya, seperti ke Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim.

"Jika pemerintah ingin memperpanjang PPKM darurat Jawa dan Bali, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yakni pertama, Presiden langsung memimpin pelaksanaan PPKM darurat Jawa dan Bali, tidak lagi diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves)," tutur Luqman Hakim di Jakarta, Selasa, 20 Juli 2021.

Baca Juga: Masih Ada yang Shalat Id Berjamaah, Anies Baswedan: Kalau Terpapar Sakit Risikonya Tinggi Sekali

Menurut dia, jika presiden secara teknis merasa perlu menunjuk pimpinan pelaksana PPKM darurat perpanjangan, maka dapat membentuk team leader.

Tim itu terdiri atas Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menkopolhukam, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, Menteri Sekretaris Negara, Kapolri, dan Panglima TNI.

Menurut dia, komposisi team leader ini untuk menjamin pelaksanaan PPKM darurat perpanjangan akan menggabungkan seluruh pendekatan, yakni pendekatan kesehatan, teritorial, agama, sosial, hukum, dan keamanan.

Persyaratan kedua, lanjut Luqman, seperti dikutip dari Antara, anggaran jaring pengaman sosial perlu ditambah, setidaknya mencakup bansos, bansos tunai, insentif tenaga kesehatan daerah, subsidi upah pekerja formal/informal, insentif industri, dan subsidi UKM/UMKM.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x