Jokowi Harus Panggil Siti Fadilah ke Istana, DPD RI: Kita Tidak Pernah Tahu Kapan Pandemi Ini Berakhir

- 21 Juli 2021, 15:41 WIB
Mantan Menkes RI, Siti Fadilah Supari.
Mantan Menkes RI, Siti Fadilah Supari. /Instagram/@siti_fadilah_supari

 


GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021.

Namun istilah PPKM Darurat pun kembali berganti nama menjadi PPKM Level 4 seperti tertera dalam Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021.

Langkah tersebut mendapat apresiasi dari anggota DPR RI. Salah satunya dari Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin, Rabu, 21 Juli 2021.

Namun dalam menangani pandemi Covid-19 ini, ia mendesak agar Presiden Jokowi melibatkan banyak pihak lainnya yang berkompeten untuk menentukan kebijakan jangka panjang.

"Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini berakhir. Maka kita butuh kesiapan dalam menghadapi bagaimana pun situasinya ke depan. Baik dalam penanganan maupun pencegahan terhadap setiap kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Dan harus melibatkan orang-orang khusus yang memiliki rekam jejak dalam menghadapi pandemi," ujar senator asal Bengkulu ini dalam keterangan persnya, Rabu, 21 Juli 2021.

Baca Juga: Aktivis Faizal Assegaf Bela Jokowi Soal Statuta UI Hingga Buka Bobroknya Rezim SBY: Berlangsung Senyap

Ia pun mengusulkan nama Siti Siti Fadilah Supari, mantan Menteri Kesehatan RI di masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya meminta kepada Bapak Presiden RI untuk memanggil ibu Siti Fadilah Supari ke Istana dan sekaligus pemerintah untuk dapat memberikan ruang keterlibatan secara formal (kewenangan khusus) dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, dalam menghadapi pandemi sekarang, Indonesia butuh sosok yang memiliki pengalaman secara nyata. Sebagaimana diketahui, Siti berpengalaman menangani wabah flu burung di Tahun 2005 silam.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X